Minggu, 27 Maret 2011

GSJ News: MSDC Adakan Sertifikasi dan Konservasi di Pulau Kasiak

BERSIH-BERSIH: Peserta Latihan Perairan terbuka(LPT) dan Sertifikasi sedang melakukan bersih-bersih pantai sebagai salah satu bentuk kepedulian lingkungan
.
Marine Science Diving Club (MSDC) Universitas Riau kembali melakukan Scuba Diving atau Penyelaman Scuba. Kali ini kegiatan dilakukan di Pulau Kasiak, Pariaman, Sumatera Barat.
Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini, mulai Rabu hingga Sabtu (16-19/3) lalu merupakan kegiatan yang berupaya untuk berupaya meningkatkan keahlian dan skill bagi mahasiswa Ilmu Kelautan dalam bidang selam.
“Olahraga selam ini memiliki tingkat resiko yang tinggi, oleh karenanya setiap penyelam harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup sebelum melakukan  aktivitas penyelaman,” ungkap Afdal Ridho salah satu peserta kegiatan.
Selain itu, peningkatan skill kearah saintis seperti pengamatan dan pengukuran terumbu karang dengan berbagai metode yang ada juga telah dilakukan MSDC sebagai wujud aplikasi ilmu yang didapatkannya di bangku Perguruan Tinggi.
Untuk mencapai ke arah itu perlu adanya pembekalan tentang teori-teori penyelaman dengan cara memberikan sertifikat selam kepada anggota. Sertifikat ini dikeluarkan oleh organisasi selam Indonesia yaitu Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) yang berafiliasi dengan organisasi selam dunia Confideration Mondiale des-Activities Sub-aquatiques (CMAS) sebagai pasport sebelum melakukan penyelaman.
“Penyelaman Scuba (Scuba Diving)  merupakan aktivitas olah raga yang sangat aman bila dilakukan dengan prosedur yang benar dan sangat memperhatikan safety procedure,” jelas Afdhal
Namun bila tidak, menurut Afdhal scuba diving bisa menjadi kegiatan yang beresiko tinggi baik bagi kesehatan maupun bagi keselamatan pribadi pelakunya. Oleh karena itu dibutuhkan sertifikasi dengan latihan-latihan perairan terbuka secara berkala.
Dengan berbekal ilmu yang didapatkan dari MSDC serta penambahan ilmu dari instruktur sudah cukup untuk memberikan sertifikat selam kepada anggota MSDC yang sebelumnya sudah melakukan tahap-tahap penyeleksian.
Ada delapan peserta untuk sertifikasi dan 14 orang lainnya merupakan peserta untuk latihan perairan terbuka. Kegiatan ini bekerjasama dengan beberapa instansi yakni Universitas Riau sebagai wadah organisasi, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional-Pekanbaru (LKKPN-Pekanbaru), Unit Kegiatan Mahasiswa Diving Proklamator Universitas Bung-Hatta Padang, dan juga berkoordinasi dengan Satuan Brimob Polda Riau serta pemerintah Pariaman
Penyelaman dilakukan sebanyak empat kali dengan variasi dan lama penyelaman yang berbeda. Beberapa teknik dasar penyelaman dilakukan didalam perairan seperti Buddy Breathing, Mask Clearing, Netral Bouyance, Stationary Hovering, Fin Pivoting dan beberapa teknik lainnya.
Ada beberapa tahap yang harus dilewati peserta sertifikasi sebelum diberikan sertifikat yaitu Pembekalan Teori atau Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP) di dalam kelas selama 6 kali pertemuan, Latihan Keterampilan Kolam (LKK) dan Latihan Perairan Terbuka (LPT).
Disamping pelatihan dan sertifikasi MSDC tidak ketinggalan pula dalam melakukan upaya-upaya penyelamatan lingkungan pesisir dan laut, diantaranya adalah aksi bersih Pantai Pulau Kasiak dengan mengumpulkan sampah sampah plastik yang dibuang disekitar perairan tersebut.(asrul-gsj)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province