Minggu, 03 April 2011

Info Green, Ahad-03 April 2011

Bawang Merah Pereda Demam Anak

BAWANG MERAH : Meminum air bawang merah sangat banyak khasiatnya. Amalkan meminumnya setiap hari.
BAWANG Merah diketahui banyak mengandung minyak asiri, sikloalilin, metilallin, dihidroallin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati. Dengan kandungannya tersebut, Bawang Merah berkhasiat untuk membantu mengatasi batuk, demam, diabetes, dan sebagai obat cacing.

Bawang merah (allium ascalonicum) berasal dari Asia Barat dan dibudidayakan di Mesir sejak 3500 SM. Tanaman ini merupakan tanaman semusim dengan umbi berlapis yang terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Akarnya berupa serabut dengan daun berbentuk silinder berrongga. Tanaman ini juga memiliki zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.
Khasiat bawang merah untuk mengobati Berbagai penyakit diantaranya :
1.  Batuk
Bahan : Umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 3 gram, herba pegagan segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml.
Cara pembuatan: Dipipis, dibuat infus atau pil. Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali, pagi hari 100 ml.
2.  Kencing Manis
Bahan : Umbi bawang merah (dirajang) 4 gram, buah buncis (dirajang) 15 gram, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml.
Cara pembuatan: Dibuat infus. Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali 100 ml.
3.  Demam dan Perut Kembung
pada Anak-anak
Bahan : Umbi bawang merah (potong tipis) secukupnya, minyak kelapa secukupnya, minyak kayu putih secukupnya.
Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangan pada anak yang demam.(int/tya-afra-gsj/new)
Body Mobil dari Nenas Lebih Hemat BBM
BAHAN BAKU: Nenas bisa dijadikan bahan baku untuk body, dasboard, bamper dan panel samping. Selain lebih kuat dari bahan baku konvensional, serat nenas juga lebih ringan dan bisa meningkatkan efisiesni bahan bakar.
SERAT tanaman seperti nanas dan pisang bisa dipakai sebagai bahan baku body mobil.   Imagi pembuatan mobil berbahan serat tanaman buah ini adalah contoh inovasi teknologi nano. Jadi, serat tanaman ini dimanfaatkan sebagai campuran untuk memperkaya bahan plastik. Bahan plastik yang telah diperkaya dengan serat tanaman akan menjadi bahan yang super kuat.
   Hal tersebut dikembangkan oleh Dr Alcides Leao dari Sao Paulo University. Karakteristik plastik (yang telah diperkaya serat tanaman) itu menjadi luar biasa, bahannya ringan tapi sangat kuat. 30 persen lebih ringan dan tiga hingga empat kali lebih kuat dari plastik biasa.
   Beberapa bagian mobil seperti dashboard, bemper dan panel samping, bisa dan akan terbuat dari serat nano buah tersebut. Satu hal, bahan ini akan mengurangi berat mobil dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.
   Serat tanaman yang dipergunakan dalam proses itu adalah serat nano, yang 50.000 unitnya saja hanya berdiameter sehelai rambut. Serat ini diperoleh dengan proses yang lebih kompleks dari serat tanaman biasa yang telah dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas selama berabad-abad. 
   Dr Leao telah meneliti beragam serat tanaman untuk membuat material plastik yang lebih kuat, ringan dan ramah lingkungan. Dan, bahan baku paling potensial sebagai pengaya plastik adalah daun dan batang nanas serta curaura, sejenis nanas yang tumbuh di Amerika Selatan.
   Meskipun proses membuat material ini sangat mahal. Namun sebenarnya hanya dibutuhkan serat dalam jumlah sedikit saja untuk memperkaya plastik. Ke depannya, material tersebut bahkan bisa dipakai untuk bahan baku spare part mobil lain.
   Selain nanas, bahan baku yang bisa dimanfaatkan untuk membuat serat nano lainnya adalah serat pisang dan serat batok kelapa. Selain jadi lebih ringan dan kuat, dengan serat tanaman ini plastik akan lebih tahan panas dan bahan bakar yang tumpah.(int/afra-gsj/new)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province