Senin, 21 Maret 2011

Green Community: Rain Bentuk Rain Riau

RAIN RIAU: Anggota Rain Riau foto bersama ketika kegaitan pelatihan monitoring dan identifikasi raptor di Riau
 
RAPTOR merupakan burung pemangsa yang dalam bahasa masyarakat awamnya disebut dengan elang. Raptor menempati posisi tingkat teratas dari rantai makanan. Keberadaannya sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan. Keberadaan mereka juga dapat dijadikan sebagai indikator kerusakan lingkungan. Tidak banyak masyarakat yang peduli dengan keberadaan raptor, selain karena paradigma yang menganggap mereka sebagai hewan liar dan tidak harus dijaga. Selain itu, keberadaan mereka juga tidak terlalu populer dikalangan masyarakat, selain sebagai peliharaan yang mencerminkan kehebatan. Ini merupakan paradigma yang salah. Melebihi alasan dari semua itu, kami hadir untuk menyelamatkan para raptor dari kepunahannya. Karena itulah terbentuk sebuah jaringan kelompok kerja yang bergerak dalam upaya penelitian dan pelestarian burung pemangsa ini di Indonesia, yang diberi nama Rain (Raptor Indonesia).
Jaringan ini pertama kali terbentuk pada tanggal 23 Juli 2001 di Bogor yang kemudian berkembang menjadi Perkumpulan Raptor Indonesia. Sistem keanggotaan kami terbuka untuk umum. Baik itu masyarakat umum maupun akademisi yang memiliki kepedulian dan ketertarikan pada upaya penelitian dan konservator raptor di Indonesia bisa bergabung dengan kami. Individu atau lembaga yang ingin bergabung dengan kami bisa melakukan registrasi dengan mengisi formulir keanggotaan yang bisa di download dalam situs http://www.raptorindonesia.org. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh Rain merupakan kegiatan swadaya dari anggotanya sendiri. Sehingga walaupun bekerjasama dengan Pemerintah atau swasta tidak melepaskan kita dari kemandirian.
Visi kami agar terwujudnya konservasi raptor dan habitatnya di Indonesia. Sedangkan misi kami adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan keterlibatan para pihak dalam upaya penelitian dan konservasi raptor di Indonesia serta membangun jaringan kerja penelitian dan konservasi raptor di Indonesia. Kami juga memiliki berbagai program yang harus dilaksanakan diantaranya pengelolaan pusat informasi mengenai raptor dan habitatnya di Indonesia khususnya serta Asia pada umumnya. Selain itu juga mengelola kegiatan kampanye dan pendidikan lingkungan mengenai nilai penting akan upaya penelitian dan konservasi raptor serta habitatnya.
Kami juga memfasilitasi kegiatan penelitian dan konservasi mengenai raptor baik In-situ maupun Ex-situ di Indonesia. Dengan menjadi anggota kami maka setiap lembaga ataupun individu bisa mengajukan proposal untuk kegiatan penelitian Raptor di Indonesia menggunakan nama Rain dan atas persetujuan Rain. Selain itu juga berkesempatan untuk mengikuti semua kegiatan Rain serta bisa mengakses beberapa literature yang dimiliki Rain. Sedangkan untuk lembaga bisa mencantumkan logonya di website dan bulletin komunitas.
Kegiatan yang baru-baru ini kami laksanakan adalah Pelatihan Identifikasi dan Monitoring Raptor Migran di Riau pada Selasa dan Rabu tanggal 8 sampai 9 Maret yang lalu. Pelatihan ini adalah yang pertama kalinya di Sumatera dan menjadi awal untuk yang lainnya. Sebab melalui kegiatan tersebut telah dibentuk Rain, untuk perwakilan di Riau, yang diketua oleh Herry Tarmizi. Antusiasme generasi muda di Riau ketika pelaksanaan kegiatan Rain di Riau sangat luar biasa. Meskipun tidak melalui undangan resmi, namun jumlah peserta yang hadir sangat mengembirakan panitia pelaksana.
Untuk menghubungi kami bisa langsung datang ke sekretariat Rain di Komplek CICO Resort, Jl. Tumenggung Wiradiredja No. 216, Cimahpar, Bogor, Indonesia. Selain itu bisa juga dengan menelepon langsung ke +62 251 866 1642 atau dengan email ke info@raptorindonesia.org. Saatnya kita peduli dengan raptor di sekitar kita.***

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province