Senin, 21 Maret 2011

Info Green, ahad, 20 Maret 2011

 TEMULAWAK: Tanaman asli Indonesia yang  sering digunakan sebagai obat-obatan herbal.
 
Temulawak, Obat Herbal dari Indonesia

TEMULAWAK merupakan tanaman obat-obatan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini memang berasal dari Indonesia yang kemudian menyebar ke beberapa kawasan di sekitar Indonesia. Temulawak ini sebagian besar dibudidayakan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina.
Tanaman ini biasa hidup di dataran rendah dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut serta berhabitat di hutan tropis. Rimpang temulawak ini mengandung curcumin yang memiliki khasiat alami sebagai anti radang dan anti hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati (radang hati). Manfaat lain dari temulawak ini adalah:
Mengobati Jerawat dan Flek Hitam di Wajah
Untuk obat yang diminum, gunakanlah 2 jari rimpang segar yang di rebus. Cara lainnya, seduh rimpang yang telah dikeringkan dengan air panas. Untuk pemakaian di luar, cucilah rimpang sampai bersih kemudian diparut. Hasil parutannya dapat digunakan sebagai masker untuk mengobati jerawat dan flek hitam dimuka.
Pelancar ASI
Cucilah 20 gram rimpang segar temulawak kemudian parut. Peras dan saringlah hasil parutan, kemudian ditim sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 2 sendok makan madu sambil diaduk rata, lalu diminum. Lakukan pagi dan sore dengan takaran yang sama banyak.
Menurunkan Kadar Kolesterol Darah Tinggi
Kupas kulit rimpang temulawak segar sebesar 3 jari kemudian parut. Tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.
Mengobati Diare
Cuci rimpang temulawak sebesar 1/2 ibu jari, lalu panggang sampai hangus. Kemudian digiling sampai halus dan seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu sambil aduk sampai merata, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.
Mengobati Sembelit
Sediakan rimpang temulawak dan buah asam (Tamarindus indica L.) masak masing-masing sebesar satu jari. Selanjutnya potong tipis-tipis, lalu seduh dengan 1 cangkir air mendidih. Tambahkan gula enau secukupnya. Aduk sampai gulanya larut dan minum (int/afra-gsj/new)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province