Minggu, 01 Mei 2011

Green Community: Dipuncak Merpati Gunung Merapi

XPDC MAPALA OASIS STIE INDRAGIRI - RENGAT
Dipuncak Merpati Gunung Merapi
PUNCAK MERAPI: Tim Mapala Oasisi STIE Indragiri sedang berada dikawasan kawah Gunung merapi.
DALAM perjalannya Mapala Osis STIE Indragiri – Rengat sudah banyak melakukan program  yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia , khususnya dikalangan pengurus dan anggota yang pada akhirnya diharapkan dapat tumbuh dan berkembang kearah  yang lebih positif.
Pada tanggal  10 - 13 Februari  2011, Mapala Oasis melakukan diklat lapangan bagi anggota tunas dikawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu, disini para anggota tunas  dilatih berbagai ketrampilan dan materi seperti,  latihan SAR, GPS, mountenering, filosofi, P3K, Pengembangan Organisasi, Climbing, Teknik Persidangan, Ekosistem dan survival, semua materi ini diberikan  dalam upaya mendidik mental dan kemampuan mereka  agar dapat berinteraksi secara positif dengan alam.
Pada tanggal 14 s/d 17 April 2011, kembali Mapala Oasis STIE Indragiri melakukan kegiatan, XPDS ke Puncak Gunung Merapi Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari diklat lapangan yang diikuti anggota tunas sebagai syarat untuk menjadi anggota inti Mapala Oasis STIE Indragiri.
Diklat lanjutan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas anggota, dalam upaya pembinaan agar tercipta keselarasan antara potensi dan kemampuan intelektualitas dalam diri mereka sebagai generasi yang memiliki tanggung jawab besar, tidak hanya pada diri sendiri, tapi juga terhadap lingkungan dimana mereka tinggal.
Dalam kegiatan ini para pengurus, anggota inti dan anggota tunas yang tergabung dalam Team XPDS berjumlah 38 orang, keberangkatan Team XPDS Mapala Oasis STIE Indragiri dilepas secara resmi oleh iBuk Puspa Dewi SE MM selaku PK III STIE Indragiri.
Tanggal 15 April 2011, pukul 08.00 WIB rombongan mulai bergerak menuju puncak, sepanjang jalan dilereng merapi  kita dapat melihat kebun cabe, tomat dan wortel yang dikelola oleh masyarakat tempatan,  sampai dijalur rimba gunung merapi Team beristirahat untuk makan siang, kemudin  pukul 12,30 WIB perjalanan dilanjutkan, kondisi medan mulai menanjak, tapi semuanya tetap bersemangat,  sampai dilorong tikus , kami harus ekstra hati hati, karena jalur ini sangat sempit, licin dan gelap. Akhirnya, pukul  17.15 WIB Team Mapala Oasis STIE Indragiri sampai dikawasan puncak (pintu angin), disini  masing masing bagian mulai bekerja mempersiapkan segala sesuatunya, bagian perlengkapan mulai sibuk mendirikan DUM, bagian konsumsi  mulai melaksanakan tugasnya untuk mempersiapkan makan malam.
Sesuai jadwal kegiatan yang disusun Team Event, pukul 4 subuh Team akan meneruskan pendakian kepuncak ‘Merpati’ puncak tertinggi dari gunung merapi, yang berjarak kira kira 1 jam perjalanan  dari temapt bermalam, menempuh kawasan cadas yang menanjak terjal, tapi pendakian ini baru bisa dilaksanakan pukul 08.00 WIB pagi harinya, karna tengah malam, tiba tiba turun hujan yang diiringi angin kencang, beberapa  DUM/tenda anggota Team  berterbangan. Suasana sedikit menjadi tegang, tapi syukurlah ini tidak berlangsung lama, angin kembali bersahabat, tapi guyuran hujan masih saja berlangsung, jelas hal ini menambah dinginya suasana pegunungan.
Keinginan untuk menyaksikan matahari terbit (sunrise) tidak dapat terwujud, tapi kami tetap melaksanakan pendakian untuk menjamah puncak tertinggi gunung merapi, Alhamdulillah pukul  12.00 kami sampai di puncak merpati, sebelum sampai disini, kami terlebih dahulu menyaksikan kawah merapi dan menuruni lereng kawah uintuk berkunjung ke Taman Bunga Edelweiss.
Berada diketinggian puncak merapi, sungguh pengalaman yang sangat luar biasa, kita bisa melihat keindahan panorama alam, dari kejauhan terlihat hamparan danau singkarak yang terletak disela sela pebukitan,  arakan arakan awan yang bergerak perlahan menambah ketakjubkan kita akan kebesaran ‘Sang Maha Pencipta’ Allah SWT. Saat itu kami benar benar merasakan seolah olah sedang berada di negeri diatas awan. Alangkah kecil dan tidak berartinya kita, bila dibandingkan dengan apa yang kita lihat dan kita saksikan disekitar kita saat itu,Subhannallah.
Setelah puas menyaksikan keindahan alam dari ketinggian merapi, kami kembali turun kekawasan pintu angin. Packing dan bersiap untuk turun gunung.
Setelah menempuh perjalan yang cukup melelahkan, tapi sangat membahagiakan, perlahan tapi pasti, kami mulai melangkah melerengi kawasan  gunung merapi  untuk  pulang dengan membawa kenangan dan pengalaman  yang menakjubkan, one night in merapi.
Salam dari kami ‘Mapala Oasis STIE Indragiri’ -  Rengat. LESTARI... LESTARI...LESTARI.

Irsyaddunnas SH MM
Pembina Mapala Oasis STIE Indragiri – Rengat

1 komentar:

lhie4 mengatakan...

lestariiiiii..! :)

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province