Selasa, 15 November 2011

Info Cagar Biosfer: Tabungan Dari Alam

Tabungan Dari Alam
 

MEMASANG KERAMBA: Seorang nelayan di kawasan Cagar Biosfer GSK-BB memasang keramba penangkap ikan.
 
CAGAR Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB) adalah satu-satunya cagar biosfer yang diinisiasikan oleh pihak swasta yakni Sinarmas Forestry (SMF). Pihak SMF sendiri berkomitmen terhadap konservasi, maka dari itu lahan seluas 72.255 Ha dialokasikan untuk menghubungkan dua suaka margasatwa yaitu Siak Kecil dan Bukit Batu untuk menjadi suatu kawasan cagar biosfer. Dan pada akhirnya usulan SMF untuk menjadikan kawasan suaka margasatwa menjadi cagar biosfer disetujui oleh pihak pemerintah. Dan resmi 2 tahun lalu GSK-BB menjadi cagar biosfer pertama di Riau.

GSK-BB ibarat nafas baru bagi Riau, potensi alamnya yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat disana menjadikan cagar biosfer ini semakin berkembang. “GSK-BB mempunyai potensi alam yang luar biasa, berbagai ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, hasil hutan yang bagus, serta budidaya masyarakat terhadap potensi alam benar-benar membuat cagar biosfer tersebut memiliki keunikkan yang berbeda dari cagar biosfer lain,” tutur Herfita Staff Flagship SMF.

Masyarakat GSK-BB yang bekerja sebagai penderes karet juga salah satu mata pencaharian yang menjanjikan bagi kelangsungan hidup mereka. Hasil karet mentah yang sudah diambil dari hutan, didistribusikan keluar GSK-BB untuk dikelola menjadi bahan baku pembuatan ban dan sebagai bahan baku berbahan karet lainnya.

“Biasanya mereka hanya menghasilkan produk mentahnya saja, misalkan karet tadi, mereka hanya menderes karet dari hutan dan setelah itu karet yang belum jadi apa-apa itu didistribusikan untuk dikelola lagi. Tidak hanya itu, mereka juga terampil membuat kerajinan yang berbahan dasar hasil alam. Seperti tenunan songket, keranjang, tikar. Dan jika dipasarkan, bisa meningkatkan ekonomi mereka sendiri,dalam artian potensi alam itu menjadi tabungan bagi kelangsungan hidup mereka kedepannya” tutup Staff Flagship SMF berambut panjang tersebut.

Harmonisasi masyarakat terhadap alam GSK-BB menjadi sebuah tabungan hidup mereka dimasa depan nanti. Selain bermanfaat bagi Riau, cagar biosfer ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mendiaminya. GSK-BB patut menjadi warisan alam Riau yang paling berharga dibalik kekayaan alamnya yang luar biasa. Sejauh ini, perkembangan cagar biosfer yang menyimpan banyak karbon ini telah terdeteksi dengan jelas, dengan adanya peningkatan budidaya masyarakat pada alamnya.(pia-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province