Rabu, 25 Januari 2012

GSJ News: Pemuda Australia Kunjungi Pusat Penangkaran Kupu-Kupu Rokan Hulu




   38 Pemuda yang tergabung dalam Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia mengunjungi Pusat Informasi dan Penangkaran Kupu-Kupu Sumatera di Pasirpangaraian, Hapanasan, Selasa,(17/1). Kegiatan tersebut ditaja oleh Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) yaitu persatuan purna pertukaran pemuda Indonesia.
   “Saya adalah mahasiswi jurusan Biologi, berada di Indonesia merupakan pengalaman baru bagi saya, apalagi di Rokan Hulu. Masyarakat di sini masih ada niat untuk memelihara lingkungan dalam bidang konservasi,” tutur Isabel, pemudi Australia yang turut dalam kunjungan tersebut.
   Kunjungan ke pusat informasi kupu-kupu tersebut  merupakan puncak acara kegiatan PCMI yang telah dilaksanakan sejak tanggal 16 Desember 2011 lalu. Selama di Rokan Hulu mereka di dampingi oleh Bapak Dahnil Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Rokan Hulu sekaligus Ketua pelaksana kegiatan.
Menurut Falip, rekan senegara Isabel yang sedikit bisa berbahasa Indonesia mereka memang menyukai dan peduli tentang alam dan lingkungan hidup. Jadi tidak aneh jika banyak pertanyaan yang meluncur dari para peserta kegiatan.
   Ulat Troides cuneifera sepanjang 12 cm, empat  kepompong yang berada di dalam penangkaran, ulat dan kepompong jenis Atrophaneura antiphus yang lengkap dengan 20 ekor papilio demolion yang baru menetas dua hari menjadi objek favorit perhatian peserta. Kumpulan ulat, kepompong dan kupu-kupu tersebut menambah meriah dan membuat suasana kunjungan benar-benar alami.
   Selain mengunjungi pusat penangkaran kupu-kupu peserta juga menikmati air terjun Aek Mertua dan pemandian air panas yang berada tidak jauh dari lokasi tersebut. selesai kunjungan para pemuda tersebut tidak lupa untuk melakukan penanaman. Tanaman yang mereka tanam adalah sirih hutan berdaun jari tiga dengan nama lokal Aka Spotuih (Aristolochia rokana). Tanaman itu merupakan makanan kupu-kupu jenis Troides Cuneifera.(tya-gsj)





Keterangan gambar
Gbr. 1 dan 2 Pengunjung sedang serius mengamati ulat dan kepompong Troides Cuneifera
Gbr. 3 melihat spesies di gedung Pusat Informasi Kupu Sumatera
Gbr. 4. Isabel mewakili teman dari Australia menanam Aristolochia rokanan
Gbr. 5. Foto bersama Pemuda-Pemudi PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia)

Demikian
Jika ada pertananyaan dan konfirmasi silahkan kontak saya Mbak
Terima kasih
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province