Senin, 27 Februari 2012

Riau Pos Bike Community: Nikmati Manfaat Bersepeda

TEGUH-GSJ/RIAUPOS
BERSEPEDA: Dua orang sedang asiknya bersepeda di Car Free Day (CFD) setiap minggu paginya.

   KEGIATAN bersepeda baik ke tempat kerja, olahraga, sekolah maupun ke pasar terlihat sangat disenangi masyarakat, di Kota Pekanbaru. Khususnya di lokasi Car Free Day. Di tempat itu beberapa ruas jalan raya ditutup, dimanfaatkan oleh orang banyak untuk berolahraga. Khusus di Pekanbaru sendiri, kegiatan Car Free Day (CFD) sendiri yakni dijalan Diponegoro dan Gajah Mada. Yang mana CFD diadakan setiap Sabtu dan Ahad dari pukul 06.00-09.00 WIB.
   “Olahraga dengan sepeda itu asik karena lebih santai olahraganya, lebih banyak keluarin keringat,” ucap Sharina mahasiswa Akademi Kebidanan Internasional Pekanbaru yang cukup sering bersepeda di CFD setiap Ahad.

   Manfaat bersepeda yang sangat baik bagi kesehatan menjadikan bersepeda kini menjadi olahraga yang diminati oleh masyarakat Kota Pekanbaru. Hampir setiap pagi hari dapat melihat orang-orang berolahraga menggunakan sepeda.

   Sepeda merupakan suatu alat transportasi yang dijadikan sebagai media rekreasi sekaligus olahraga. Selain menyehatkan raga, bersepeda, juga dapat menjaga kesehatan jiwa Anda. Mengendarai sepeda dapat dinikmati oleh semua orang dengan segala usia, juga dapat dilakukan dimana dan kapan saja terutama di CFD.

   “Selain menjadikan fungsi jantung menjadi sehat dengan bersepeda berarti kita ikut berperan aktif menekan emisi gas buang kendaraan bermotor. Sebenarnya bersepeda tidak hanya dapat dilakukan di Car Free Day saja, tapi bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun saja. Seperti sekali seminggu melaksanakan program Bike to work. Namun bagi Anda yang sibuk bekerja, di CFD inilah anda bisa bersepeda terutama bagi kota-kota yang belum memiliki jalur sepeda khusus,” ucap Bambang Feriyanto Kasubag Bina Program di Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

   Banyak manfaat yang diperoleh dari bersepeda. Diantaranya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan berbagai bentuk penyakit sitemik. Penelitian menunjukkan bahwa aktifitas tingkat sedang, seperti bersepeda, dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan kontribusi untuk hidup sehat. Bersepeda juga dapat mencegah penyakit tumor karena sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan aktivitas melawan tumor. 
 SEHAT : Olahraga sepeda kini tidak hanya digandrungi lelaki tapi juga perempuan.

   Selain itu, bersepeda juga bisa membuat otot menjadi kuat. Selama bersepeda, sebagian otot-otot tubuh diaktifkan. Otot kaki yang bertanggung jawab untuk mengayuh pedal sepeda, otot perut dan punggung menstabilkan tubuh di sepeda. Semua pelatihan dan pengencangan sistem otot ini, membuat otot semakin kencang dan mampu berfungsi secara efisien.

   Manfaat bersepeda tidak hanya dapat dirasakan pada fisik saja. Tapi juga pada mental . Bersepeda sendiri juga bisa mengurangi stres mental. Bersepeda memiliki efek relaksasi yang besar karena gerakan sikliknya yang seragam dapat menstabilkan fungsi tubuh, baik dari segi fisik dan mental. Sehingga mampu melawan kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya. Bersepeda juga mempu mengontrol keseimbangan hormonal. (teguh-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province