Senin, 19 Maret 2012

Biodiversitas: Sibosuo dan Poneka

  SERANGGA : Sibosuo dan Poneka (dari kanan ke kiri). Kedua jenis serangga ini merukan koleksi Biodiversitas.
     DALAM bahasa Melayu Rokan disebut dengan Sibosuo dan Poneka. Kedua serangga ini oleh para ahli dikelompokkan kepada true bugs sesungguhnya. Termasuk dalam famili Fulgoridae. Serangga ini jarang dijumpai.  Namun di pedalaman kampung Kubu Manggih, Kabupaten Rokan Hulu serangga ini mudah dijumpai.

   Dalam bahasa Rambah disebut dengan Sibosuo. Jenis serangga yang memiliki kepala bulat dan leher panjang disebut dengan poneka (pendekar). Dari tingkah laku dan anatomi tubuh sepantasnyalah gelar ini diberikan kepada Poneka. Serangga ini hidup berkelompok dan selalu ditemui dibatang pohon kayu besar.

   Sedangkan, jenis Sibosuo, jika didekati hewan ini akan mengelak mengitari pohon. Namun untuk Poneka, ia bersiap-siap melompat dengan kekuatan penuh tanpa bisa diketahui kemana hinggapnya.

   Untuk ukuran panjang Sibosuo berkisar 3-4 centimeter. Jka dikembangkan sayapnya akan terlihat sayap dalam yang cantik, berwarna warni. Sedangkan poneka memiliki panjang 5-7 cm.  Kedua serangga ini emiliki badan yang keras.

   Referensi Koleksi Biodiversitas Rokan menyebutkan kedua serangga ini ada terdapat di India, Panama, Kolombia dan Brazil.  Namun memiliki bentuk kepala dan warna berbeda, dan kepala tidak bulat tetapi segitiga. Sementara untuk yang sama dengan Sibosuo memiliki kepala yang agak panjang.***

Oleh : Yusri Syam
Pusat Informasi Kupu-Kupu Sumatera 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province