Kamis, 14 Februari 2013

SMPN 4 Pekanbaru Persiapkan Jadi Sekolah Adiwiyata



PENGHARGAAN Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang sudah melakukan program-program sadar lingkungan bertujuan agar setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.
Semangat kompetisi dan semangat kerjasama membangun sekolah yang berwawasan dan berkarakter lingkungan. SMPN 4 Pekanbaru sudah berupaya memulai langkah tersebut. Saat ditemui (17/1) kemaren, tim ForUs Riau Pos menemui Guru Pembina Lingkungan SMPN 4 Pekanbaru, Salim.
"Saat ini SMPN 4 Pekanbaru sedang memulai langkah dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata,” tukasnya. Bahkan, pihak sekolah tengah menunggu SK (Surat Keputusan) pemberlakukan tim kegiatan pelaksanaan program sekolah adiwiyata.
"Beberapa program rutin yang sudah kami laksanakan saat ini adalah operasi semut dan pembersihan kawasan sekolah rutin ketika kegiatan belajar-mengajar usai dan penerapan beberapa mata pelajaran salah satunya mata pelajaran kesenian yang diaplikasikan dalam pemanfaatan barang limbah, seperti daur ulang plastik dan sebagainya," jelasnya.
Adapun langkah awal saat ini adalah dengan bekerjasama dengan beberapa sekolah di Pekanbaru ini yang sudah lebih dahulu mendapatkan adiwiyata, seperti SMA Negeri 1 Pekanbaru. Dengan kunjungan serta pembinaan pelaksanaan program-program lingkungan.
Perlu upaya ekstra dari warga sekolah khususnya untuk menjalankan program lingkungan ini. “Dan mudah-mudahan tahun ini SMP Negeri 4 Pekanbaru, masuk dalam kategori sekolah calon penerima Adiwiyata,” tambahnya. (melati-gsj/dac)




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province