Senin, 08 Februari 2010

Kanibalisme di Kutub Selatan Akibat Global Warning

Menjelang KTT Perubahan Iklim Kopenhagen, bukti menyeramkan tentang dampak perubahan iklim kini muncul di ujung utara Canada. Seperti dikutip Radio Australia, Minggu (6/12), para ilmuwan melaporkan, kini sering terjadi aksi saling-memakan alias kanibalisme di kalangan Beruang Kutub. Bahkan, baru-baru ini sekelompok wisatawan menyaksikan pemandangan yang menyeramkan, seekor beruang kutub jantan memisahkan seekor anak beruang dari induknya, dan memakannya.

Menurut para ilmuwan selama tahun ini saja paling tidak sudah terjadi 8 kasus anak beruang kutub dimakan oleh biruang kutub dewasa lainnya. Es laut Teluk Hudson yang biasanya dimanfaatkan beruang kutub untuk berburu anjing laut, untuk menggemukkan badan selama musim dingin, sekarang ini memakan waktu lebih lama sebelum membeku.
Oleh karena itu, beruang-beruang kutub itu harus mampu bertahan lebih lama di daratan, sementara gemuk badannya terus menyusut sampai 30 persen. Parahnya, pada Desember ini, ada kemungkinan kebekuan akan terjadi lebih lama lagi. Pasalnya, menurut prakirawan, kawasan itu akan mengalami suhu udara rata-rata yang lebih tinggi paling tidak seminggu lagi.

Sumber: Pikiran Rakyat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province