Minggu, 28 Februari 2010

SMAN 1 Siak, bagaikan Sekolah di Dalam Hutan

Salah satu visi SMAN 1 Siak adalah berwawasan lingkungan. Itu membuat sekolah ini giat dalam memperhatikan masalah lingkungannya. Memperbanyak menanam pohon di lingkungan sekolah adalah wujud nyata untuk mencapai misi tersebut. Ini terlihat dengan banyaknya pohon-pohon di lingkungan luar dan dalam sekolah.

Pohon-pohon yang banyak ditanam di sekolah ini adalah pohon pucuk merah (Syzygium oleana). Pohon tersebut telah ditanam sekitar 200 batang. Tingginya sudah mencapai tiga meter. Daun hijaunya yang lebat dan batangnya yang stabil serta kebutuhan airnya yang sedang membuat pohon ini semakin bernilai guna. Pohon ini termasuk jenis tanaman evergreen. Disamping itu, pohon ini juga bisa meredam suara.

SMAN 1 Siak terletak di tepi Jalan Hangtuah. Jalan ini termasuk jalan utama di Kota Siak. Tidak heran kalau suara-suara kendaraan bisa mengganggu aktivitas di sekolah. Tapi, hal ini bisa diatasi dengan banyaknya ditanam pohon pucuk merah di sepanjang pekarangan luar sekolah, mengingat tanaman pucuk merah ini bisa meredam suara. Sehingga jika dilihat dari tepi jalan, sekolah ini seperti sekolah di dalam hutan hijau yang lebat.

Suasana sejuk dan teduh juga bisa dirasa di dalam sekolah ini. Di tepi-tepi ruang kelas, kantor dan taman sekolah banyak terdapat pohon pucuk merah yang rindang. Membuat aktivitas belajar siswa-siswi menjadi lebih nyaman. Pohon pucuk merah ini terus dikembangkan oleh pihak sekolah. Pembibitan terus dilaksanakan. Jika sudah cukup umur, bibit pucuk merah ini ditanam di lahan-lahan yang masih kosong.(Risky Ade Maisal-GSJ dari SMAN 1 Siak)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province