Minggu, 26 Juni 2011

Our Green Inspirastion (Bill McKibben): 350.org untuk Dunia Bebas Karbon

Bill McKibben
350.org untuk Dunia Bebas Karbon

Tahukan anda tentang 350.org? 350.org adalah sebuah situs sekaligus organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan. Namun, organisasi yang satu ini lebih menitikberatkan pada isu global warming dan climate change. Wah, luar biasa ya!
Bill McKibben, dialah yang pertama menggagas organisasi yang sekarang sudah memiliki banyak member di seluruh dunia ini. Bersama-sama dengan anggota 350.org McKibben melakukan kampanye pertama pada tahun 2007 yang dikenal dengan step it up. Jumlahnya ketika itu sekitar 2000 orang yang terjun ke 50 tempat yang ada di Amerika Serikat.
Bill adalah seorang penulis. Buku pertamanya yang terbit pada tahun 1988 bercerita tentang ancaman dari pemanasan global. Ini ditujukan untuk masyarakat umum dan mahasiswa. Buku ini dikenal dengan judul The End of Nature. Lalu, kenapa Bill menamakan organisasi ini dengan nama 350.org. Ini dikarenakan 350.org adalah nama untuk tingkat aman karbondioksida di atmosfir yaitu 350 bagian per juta.
Bill juga sering mengirimkan tulisan-tulisan lingkungan ke beberapa majalah terkenal di Amerika seperti The New York Times, The Atlantic Monthly, Harper’s, Orion Magazine, Mother Jones, The New York Review of Books, Granta, Rolling Stone, bahkan juga majalah di luar kawasan Amerika. Dia juga merupakan dewan anggota dan contributor untuk Grist Magazine yang merupakan sebuah majalah online yang kerap memberitakan berita dan komentar tentang lingkungan sejak tahun 1999. Ayah satu puteri ini telah memimpin perang melawan pemanasan global selama 23 tahun sejak buku pertamanya terbit.
Bahkan Bill telah mendapatkan penghargaan dengan menerima beasiswa Guggenheim serta beasiswa Lyndhurst. Ia juga memenangkan Lannan Prize untuk kategori penulisan non fiksi pada tahun 2000. Selain itu pada tahun 2010 dia juga memenangkah hadiah dari Puffin Foundation/Nation Institute untuk kategori creative citizenship, dikarenakan karyanya dalam mewujudkan 350.org. Di tahun yang sama dia juga termasuk dalam daftar “25 Pengkhayal yang Mengubah Dunia” oleh Majalah Utne Reader.
Bill juga mendapatkan gelar kehormatan dari berbagai universitas di antaranya Colgate University, the State University of New York, Sterling College, Green Mountain College, Unity College, dan Lebanon Valley College. Sekarang dia meneruskan studinya di Middlebury Collage dan tinggal di Ripton, Vermont bersama istrinya yang juga penulis, Sue Halpern dan anaknya Sophie.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Bill, bisa mengunjungi situsnya www.billmckibben.com. Mari perangi pemanasan global, it’s going to take a movement. (afra-gsj/int/new)

Nama Lengkap               : Bill McKibben
Tempat/Tahun Kelahiran : Palo Alto, California / 1960
Nama Istri                       : Sue Halpern
Nama Anak                    : Sophie McKibben
Pekerjaan                       : Penulis dan Aktivis Lingkungan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province