Minggu, 24 Juli 2011

GSJ News: Pesona Sungai Hijau

Pesona Sungai Hijau

MANDI: air sungai yang jernih membuat anak-anak bahkan orang dewasapun menjadi asyik bermain dan mandi di sungai.

AIR yang dingin juga berwarna hijau, jernih serta bersih, arus yang tenang, pasir putih yang dangkal dan alam sekitar yang rindang merupakan ciri khas dari salah satu sungai yang terletak di Desa Salo Kecamatan Bangkinang Barat. sungai ini bernama Sungai Hijau.
“Sungai ini merupakan salah satu pesona alam yang sangat indah, karena merupakan salah satu sungai yang masih sangat terjaga kelestariannya,” jelas Arif Rahman Hakim salah seorang pemuda setempat.
Sungai ini dinamakan Sungai Hijau oleh orang-orang sekitar karena air sungai ini sendiri terlihat seperti berwarna hijau. Warna hijau pada air sendiri sebenarnya disebabkan oleh ganggang-ganggang hijau maupun lumut-lumut yang terdapat dibeberapa dasar sungai.
“Sungai ini cukup unik, karena sungai ini sendiri berwarna hijau tidak seperti air pada sungai-sungai lainnya yang pernah saya lihat,” tambah Arif yang biasa dipanggil ocu ini.
Sungai yang bisa kita tempuh dalam waktu sepuluh menit dari kota bangkinang ini sebenarnya belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Maka karena itu sungai ini sampai sekarang belum tersentuh sedikitpun oleh pemerintah daerah, sehingga masih sangat alami.
Yang unik dari sungai yang memiliki lebar hanya dua sampai tiga meter ini, yakni tidak adanya ikan yang berenang disana. Padahal sungai ini sangat jernih dan bersih. Oleh karena itu sungai ini kini menjadi obyek wisata bagi beberapa orang, terutama bagi orang-orang yang datang kesana untuk berenang maupun hanya untuk melihat-lihat saja. Tidak hanya orang dewasa, keluarga bahkan anak-anakpun sengaja datang kesana untuk berenang dan bermain air.
“Kami sekeluarga sengaja datang kesini untuk bersenang-senang. Apalagi anak-anak sangat senang bermain dan berenang disini, selain jernih sungai ini juga dangkal dan tidak memiliki arus yang cukup deras, sehingga cukup aman bagi anak-anak,” ucap Suhaimi salah seorang pengunjung yang hampir setiap sore selalu sengaja datang ke Sungai Hijau.
Selain keunikan airnya yang berwarna hijau, air di sungai ini juga sangat dingin. Hal ini disebabkan oleh alam sekitar yang sejuk, dimana banyaknya pepohonan yang tumbuh besar dan juga rindang dipinggir-pinggir sungai.
Sungai ini sangat potensial menjadi objek wisata kedepannya, namun dengan syarat jika kita masih menjaga kelestarian dari pesona sungai tersebut.(teguh-gsj)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province