Senin, 18 Juli 2011

Info Green, ahad-17 Juli 2011

Perubahan Iklim Diprediksi Sejak 160 Tahun Lalu

MARSH: Salah seorang anggota kongres Amerika Serikat yang dulu memprediksikan tentang perubahan iklim, sekitar 160 tahun yang lalu.

SEORANG  anggota kongres Amerika Serikat bahkan sudah memprediksi perubahan iklim sejak 160 tahun lalu. George Perkins Marsh (1801-1882) telah memperingatkan manusia akan terjadinya pemanasan global dan salah kelola sumber daya alam dalam pidatonya pada 30 September 1847 dan pidato ini nyaris terlupakan.
Dalam pidatonya itu Marsh sudah bergulat dengan konsep yang sekarang dikenal dengan urban heat island effect dan greenhouse effect. Hal ini ditunjukkannya dalam kalimat yang berbunyi “ Pengeringan rawa-rawa dan pembabatan hutan memengaruhi penguapan dari bumi dan membentuk kelembaban yang menggantung di udara. Kondisi ini mengubah kondisi listrik di atmosfer dan kemampuannya untuk memantulkan, menyerap dan memancarkan sinar matahari sehingga memengaruhi distribusi cahaya dan panas serta kekuatan dan arah angin”. Marsh juga memperingatkan untuk mengonsumsi sumber daya alam dengan lebih bijak. Jadi, Marsh telah meletakkan konsep dasar dari apa yang dikenal sekarang dengan sustainable development. (afra-gsj/int/new)

Matahari yang Berkhasiat
WALAUPUN  bukan berasal dari Indonesia bunga matahari mungkin sudah sangat familiar di negeri ini. Bunga yang selalu mengikuti pergerakan matahari ini berasal dari  negara Amerika Tropik bagian utara  (Meksiko). Ia juga merupakan bunga nasional dari Republik Rakyat Cina (RRC) dan negara bagian Kansas, Amerika Serikat.
Matahari juga dikenal sebagai bunga yang memiliki banyak manfaat. Terlebih lagi kualitas minyak dari bijinya dinilai setara dengan minyak  zaitun. Namun, bunga matahari sebaiknya tidak dikonsumsi  ibu hamil dan menyusui karena ia mengandung zat yang disebut inulin. Zat ini berfungsi melebarkan dan melancarkan organ atau saluran pernapasan, sehingga bisa berbahaya bagi bayinya. Selain itu, bunga matahari juga bermanfaat untuk:

Meredakan Sakit kepala
Bunga sebanyak 25-30 gram direbus bersama 1 telor ayam (tidak dipecahkan) dalam 3 gelas air hingga tinggal setengah gelas. Lalu Minum sesudah makan, 2 kali sehari.

Mengobati Radang payudara (mastitis)
Ambillah beberapa kepala bunga (tanpa biji) dipotong halus, lalu dijemur. Setelah kering sangrai sampai hangus kemudian digiling sampai halus (jadi tepung). Ambil 10-15 gram, campur dengan sedikit arak putih, gula secukupnya, dan setengah gelas air hangat. Minum 3 kali sehari.(afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province