Minggu, 14 Agustus 2011

GSJ News: Toga hijau, Sehat Bagi Masyarakat

Toga hijau, Sehat Bagi Masyarakat
Penghijauan bukan hanya tentang menanam pohon-pohon besar sebagai pelindung yang kemudian akan dirasakan manfaatnya lima hingga sepuluh tahun kemudian. Namun penghijauan sangat dekat dengan  menanam pekarangan atau lahan kritis di dekat rumah dan lingkungan sendiri dengan tanaman bermanfaat lainnya, seperti Tanam Obat Keluarga (TOGA).
Inilah yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai. Selama sepekan ini (1-6/8) mereka memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah dan lingkungan dengan menanam TOGA. Penanam ini dilakukan secara bergilir dan bertahap antar rumah. Bukan hanya dipekarangan yang langsung ketanah. Masyarakat juga menanam TOGA di pot-pot yang terbuat dari wadah bekas cat, maupun ember-ember bocor yang tidak lagi berguna.
Manfaat penghijauan denganc cara seperti ini bisa mendatangkan manfaat berganda. “Keberadaan TOGA ini tidak hanya membantu menghijaukan lingkungan, tapi juga sangat membantu dalam melakukan penanganan pertama pada anggota masyarakat yang terserang penyakit ringan seperti demam, diare dan lain-lain” Ujar Joshua Siahaan, Koordinator Pelaksana kegiatan penanaman TOGA secara bergilir ini.
Tidak hanya sampai pada penanaman saja, seru Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau, gelombang dua tahun 2011 ini menambahkan, kami  (mahasiswa Kukerta), bekerjasama dengan Ikatan Pemuda setempat (REXICO), menghidupkan kembali TOGA Desa Wisma Melur dengan membuatkan nama-nama pada tanaman TOGA tersebut sehingga keamanannya dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia dapat terhindarkan. (tya-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province