Minggu, 14 Agustus 2011

Info Green, Ahad-14 Agustus 2011: Bumi Semakin Gendut dan Buka Puasa Sehat dengan Blewah

Bumi Semakin Gendut
 

Sebuah fakta terungkap dari penelitian terhadap data yang dikumpulkan oleh Satelit Gravity Recorver and Climate Experiment (GRACE) milik NASA dan German Space Agency. Hasil penelitiannya ini menunjukkan  bumi semakin besar di bagian khatulistiwa. Disebut penambahan di khatulistiwa ini disebabkan oleh mencairnya lapisan es di Greenland dan Antartika.
Menurut Steve Nerem, ilmuwan asal University of Colorado, Amerika Serikat, hingga 22 ribu tahun lalu, es hingga beberapa kilometer menyelimuti sebagian besar belahan utara Bumi. Berhubung tekanan akibat bobot dari es di daratan telah berkurang karena mencair, tanah di bawahnya telah memantul dan menyebabkan Bumi menjadi lebih lonjong. “Mirip dengan spons, dan dibutuhkan waktu yang cukup lama agar Bumi kembali ke bentuk asalnya,” kata Nerem.
Peneliti menemukan, mencairnya gletser di Greenland dan Kutub Selatan merupakan kontributor terbesar terhadap membengkaknya “lingkar pinggang” Bumi karena banyak air yang dibawa ke khatulistiwa. (afra-gsj/int/new)

Buka Puasa Sehat dengan Blewah
Satu lagi buah yang sering menjadi menu buka puasa. Dialah buah blewah. Sering diolah menjadi es buah oleh ibu-ibu rumah tangga.Memang sih terkadang blewah kalah popular dengan semangka dan melon. Tapi, vitamin yang terkandung di buah ini tidak kalah hebat dibandingkan buah-buah tersebut.
Tidak hanya kaya akan vitamin, blewah juga memiliki kandungan mineral yang tinggi. Karena itu sangat bermanfaat untuk tubuh. Blewah bisa digunakan untuk mengusir asam urat, memelihara kesehatan jantung, paru-paru, pembuluh darah, penderita diabetes serta obesitas.
Selain itu, gula alami dan enzim yang terkandung di dalamnya mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa. Sedangkan, kandungan potassiumnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami. Wah banyak ya manfaatnya. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province