Jumat, 05 Agustus 2011

Our Green Inspiration (Tim Flannery): One World, One Humanity, One Destiny

Tim Flannery
One World, One Humanity, One Destiny

 
TIM Flannery adalah salah satu ahli lingkungan sekaligus pahlawan lingkungan hidup yang banyak mengampanyekan upaya-upaya penyelamatan lingkungan melalui tulisannya. Ilmuwan asal Australia ini menyambaikan banyak pemikiran lewat buku-bukunya.
Profesor yang lahir pada tahun 1956 ini sudah menaruh perhatian pada lingkungan sedari kecil. Ia mengambil studi mamalia dan palaentologi yang tentu saja berkaitan dengan lingkungan. Karena itu ketika pemanasan global semakin mengancam bumi, Flannery pun tidak mau tinggal diam.
Flannery yang merupakan profesor di Macquarie University ini juga menjabat sebagai ketua untuk Copenhagen Climate Council. Selain itu Tim juga menulis buku-buku tentang lingkungan hidup. Satu di antaranya adalah The Weather Makers: The History and Future Impact of Climate Change. Buku ini berisi tentang kegagalan dalam menangani perubahan iklim, karena itu perlu dibuat aturan penggunaan karbon. Bahkan buku ini telah diterbitkan ke dalam 20 bahasa. Dan pada tahun 2006 buku ini mendapatkan penghargaan sebagai NSW Premier’s Literary Prizes for Best Critical Writing dan Book of the Year. Pada tahun yang sama Flannery sebagai penulisnya juga menerima penghargaan the US Lannan Award untuk karya-karya non fiksinya.
Bahkan Flannery juga terlibat dalam gerakan yang mendukung penanganan masalah perubahan iklim di berbagai negara. Ia juga tercatat menjadi gubernur untuk WWF Australia.
Bukunya yang lain berjudul The Future Eaters (Para Pelahap Masa Depan). Berbagai penghargaan pun telah dianugerahkan padanya atas jasa-jasanya dalam bidang lingkungan. Pada tahun 2005 ia disebut sebagai Australian Humanist of the Year, sedangkan pada tahun 2006 ia dianugerahi the NSW Australian of the Year. Lalu di tahun 2007 dia dihormati sebagai Australian of the Year.
Flannery percaya bahwa aktivitas manusia secara drastis telah mengubah iklim bumi. Dan sebelum perubahan ini terlalu lama terjadi dan memiliki dampak buruk pada kehidupan di planet ini, Flannery ingin memobilisasi kehendak sosial dan politik untuk mengatasi masalah ini sebelum terlambat. Berbagai Kegiatan dan tulisan Flannery bisa dilihat langsung di website resminya yaitu www.timflannery.com.au. (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province