Kamis, 29 September 2011

Green Techno: Kulit Nanas Solusi Limbah Tekstil

Kulit Nanas Solusi Limbah Tekstil

PENGURAI: Kulit nenas bersifat sebagai pengurai pada limbah tekstil.
 
INDUSTRI tekstil terus berkembang hingga saat ini. Namun, seiring dengan hal itu dampak yang dihasilkan oleh limbah cair zat warnanya juga semakin mengancam kehidupan manusia. Misalnya saja biru metilena yang bisa menyebabkan mual, muntah, sakit kepala hingga hipertensi.
Dari sinilah, lima mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) terinspirasi untuk menciptakan solusi atas permasalahan ini. Nanas, itulah yang digunakan oleh tim yang terdiri dari Frengki Siburian, Arie Megha Rukhmana, Nugroho Aji Andhika, Yuthika Rizqi Noviyanti dan Suryadi Atmaja ini.
Mereke mengolah kulit nanas menjadi nata de pina sebagai bahan baku membran selulosa bakterial. Tak hanya itu saja penemuan ini juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan pengolahan limbah cair zat warna pada umumnya yakni menghemat energi dan  ramah lingkungan. Bahkan bersifat modular dan kompak. (int/afra-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province