Kamis, 29 September 2011

Our Green Inspiration: Beth Rickard Pejuang Energi Terbarukan dari Arcata


Beth Rickard 
Pejuang Energi Terbarukan dari Arcata







BETH: Pelopor pengolahan limbah air di negara bagian California, Beth, berfoto dengan latar sungai yang tenang.

BAGI  dia menjaga lingkungan bumi ini seperti bernafas baginya. Ia dibesarkan di daerah Arcata, California. Arcata adalah pelopor dalam pengolahan limbah air biologis di negara bagian California ini. Arcata  terletak di 275 km sebelah Utara San Fransisco. Dan bagi Beth hidup di Arcata selama bertahun-tahun membuatnya bersemangat untuk menjaga lingkungan. Berbagai hal dilakukannya mulai dari mendaur ulang, melakukan konservasi dan lainnya.



 PANEL  SURYA: Diantara kegiatan enviromentalis, Beth, melakukan pembuantan dan efensiensi pemanfaatan panel surya. 


Ketika itu masyarakat “kecanduan” bahan bakar fosil juga banyak terdapat masalah ekonomi dan hal lainnya. Karena itulah terinspirasi dari high school community service course, Beth datang dengan ide menginstal panel surya di sekolahnya dan juga mendirikan sebuah sekolah untuk konservasi dan energi terbarukan yang dikenal dengan nama Arcata High School’s Conservation and Renewable Energy (CARE). Tujuannya yaitu pertama, untuk mengajarkan siswa dan masyarakat tentang konservasi energi dan energi terbarukan. Kedua, untuk memasang sistem tenaga surya di sekolah menengah atas dan memantau efisiensi mereka. Lalu melatih siswa dan guru untuk melakukan audit energidi sekolah dan mengusulkan langkah-langkah konservasi untuk distrik sekolah. Terakhir, untuk meluncurkan kampanye pemasaran sosial untuk perubahan penggunaan energi ke arah yang lebih baik.
Kegiatannya ini pun didukung oleh banyak pihak. Bahkan Beth dan timnya menerima hibah dengan skala yang cukup besar untuk melakukan penelitian energi surya di sekolah yaitu sebanyak $ 20 ribu dan juga untuk menunjukkan efisiensi penggunaan panel surya pada sebuah kota yang memiliki banyak awan. Tak hanya itu saja, CARE juga menginstal dan menguji efisiensi pemanas air dengan tenaga surya.
Menurut Beth energy surya ini adalah energy masa depan yang sederhana, ramah lingkungan dan juga hemat biaya. Bahkan sekolahnya di Arcata menghemat $ 30 ribu per tahunnya. Beth memang tidak memiliki angka yang pasti tentang berapa banyak energi yang bisa dilestarikan, namun sistem sekolah hijau ini berhasil memperbaiki sistem administrasi energi di sekolah. 50 % uang hasil dari kegiatan ini juga dikembalikan ke CARE untuk perbaikan ke depannya. Juga untuk kegiatan promosi dan pelatihan bagi siswa dan guru.
Beth juga semakin bersemangat untuk mengembangkan sistem energi suryanya ini atau yang dikenal dengan Million Solar Roofs Initiative. Bahkan ketika mengikuti renewable energy summit in Washington, DC dia terinspirasi oleh aktivis dari Kanada dan Amerika Serikat untuk membangun sebuah koalisi energy progresif.
Berkat kegigihannya ini Beth berhasil menjadi pemenang Barron Prize pada tahun 2005. Ini adalah sebuah penghargaan untuk para pemimpin muda yang luar biasa dan telah membuat perbedaan positif serta signifikan untuk manusia dan planet ini. (int/afra-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province