Kamis, 29 September 2011

GSJ News: Pahlawan Lingkungan

Pahlawan Lingkungan
 
FOTO BERSAMA: GSJ dan peserta GSJ Weekend School berfoto bersama usai acara pelatihan jurnalistik.
 
"Kita adalah Pahlawan", begitulah yang dituturkan oleh Fiky Two Nando selaku tim Giam Siak Kecil- Bukit Batu (GSK-BB) Perawang, Bengkalis, Riau, kepada para peserta yang berjumlah 27 orang dari berbagai sekolah tingkat SMA/SMK di Pekanbaru, Sabtu (24/09), pada kegiatan  GSJ Weekend School.
 GSJ Weekend School tidak hanya meliputi kegiatan teori jurnalistik belaka, melainkan juga turun ke lapangan, sehingga para peserta bisa mendapatkan ilmu secara teori maupun secara praktek. Hari pertama pada Sabtu kemarin peserta mendapatkan pelatihan jurnalistik yang di berikan oleh green student journalist dan juga tim GSKBB di ruang auditorium Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Pekanbaru-Riau.
Menurut Fiky, seluruh masyarakat harus memulainya dengan 3S yakni start from now, start from your self, and start from small think.  Pada kegiatan ini juga dilakukan  Belajar Menulis Berita Lingkungan. Dengan pembicara Direktur Utama SEFo Riau Pos, Andi Novirianti. “Di harapkan, para peserta dapat berkontribusi aktif dalam penulisan berita,''ujar Andi Novirianti.
Dari pemaparan Novi, ada tujuh unsur yang wajib ada dalam tulisan jurnalistik. Pertama, informasi, bukan bahasa ataupun pernak pernik bahasa. Kedua, adalah signifikasi, yaitu sesuatu yang menyentuh jiwa ataupun mengancam kehidupan orang banyak. Ketiga, Kemudian adalah fokus, yaitu pendek dan padat.   Keempat, memperbincangkan seseorang, sebuah kehidupan, bukan kelompok masyarakat. Kelima, itu ialah konteks yaitu meletakan informasi perspektif yang tepat sehingga pembaca tahu dari mana kisah berawal dan mengalir.
Keenam, tulisan menarik karena penting, fokus dan berdimensi. Dan, Ketujuh, serta berjiwa karena berwajah, berbentuk dan bersuara. Tutur wanita yang memiliki rambut sebahu ini. (timang-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province