Jumat, 16 September 2011

Info Cagar Biosfer: Tasik-Tasik Unik

Tasik-Tasik Unik
GIAM Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB) terkenal dengan panorama tasik yang menawan. Di cagar biosfer GSK BB terdapat 14 tasik yang terletak di dua Suaka Margasatwa, yaitu Suaka Margasatwa Bukit Batu dan Suaka Margasatwa Siak Kecil. Meskipun tasik-tasik tersebut memiliki nama-nama yang berbeda namun mereka punya ciri khas yang sama.
Kekhasan dari tasik tersebut adalah warna airnya yang berwarna kehitaman, kemerahan seperti air teh. “tasik-tasik di GSK BB terdapat 14 dengan nama masing-masing tasik yang unik. Tasik-tasik tersebut terdapat di Suaka Margasatwa Bukit Batu dan Suaka Margasatwa Siak Kecil,” tutur Yuyu Arlan yang merupakan Manager Flagship Conservation Sinar Mas Forestry .
Meskipun tasik-tasik tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata, pihak pengelola tidak akan melepas predikat Suaka Margasatwa sebagai objek wiasata. Karena suaka margasatawa itu harus dilindungi. Namun pihak pengelola akan mengembangkan area penyangga (buffer zone) sebagai objek wisata nantinya, tambahnya.
Ada beberapa nama tasik yang unik seperti, tasik bungsu, tasik kemenyan, tasik betung, tasik air hitam, tasik katilau dan tasik serai. “Nama-nama dan keindahan masing-masing tasik ini unik dan  menarik untuk dijadikan objek wisata alam. Namun keberadaan tasik-tasik yang terdapat di zona ini tersebut hanya digunakan sebagai pusat penelitian dan sebagai sarana pendidikan. Bagi siapapun yang ingin membuka wawasan dan mengembangkan ilmu pengetahuan tentang cara biosfer tersebut bisa menjadikan tasik tersebut sebagai objek mereka.(pia-gsj/new)
Reaksi:

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province