Sabtu, 12 November 2011

GSJ News: Hijau dan Berprestasi



Hijau dan Berprestasi

Disiplin, kebersamaan, cinta lingkungan itulah motto yang telah ditanamkan kepada mahasiswa di Politeknik Caltex Riau. Sesuai dengan motto nya, PCR memiliki budaya selamat, budaya sehat serta budaya peduli lingkungan.

“Budaya selamat dimulai dari hal- hal yang kecil, seperti mematuhi tata tertib lalu lintas, menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) serta tidak menggunakan handphone ketika me­ng­gunakan kendaraan, me­nu­runi tangga ataupun menyebrang jalan. Dan tidak merokok ialah budaya sehat. Jelas Drs Azhar, M.M selaku direktur Politeknik Caltex Riau”

Selain budaya selamat dan budaya sehat, PCR juga menerapkan budaya peduli lingkungan. “Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, serta membersihkan ruangan sebelum, selama, dan sesudah beraktifitas,” tambahnya.

Tidak hanya peduli lingkungan, baru- baru ini mahasiswa Politeknik Caltex Riau berhasil menciptakan kursi roda listrik dengan menggunakan sensor gerak yang di letakkan di topi yang di hubungkan ke kursi roda. “Kursi roda ini terinspirasi dari nenek saya, ujar Raymond, yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di PCR”.

“Cara kerja kursi roda listrik ini cukup sederhana, cukup dengan menggunakan topi sensor ke kepala pengguna kursi roda listrik, setelah itu anggukkan kepala kedepan, maka kursi roda listrik akan bergerak kedepan. Jika ingin berputar ke kiri, cukup dengan memiringkan kepala kekiri, sebaliknya, jika kursi roda listrik ingin di belokkan ke kanan, dapat dilakukan dengan cara memiringkan kepala kekanan. Sedangkan untuk mundur, cukup dengan mengadahkan kepala,’’ jelas Raymond.

Pada dasarnya, kursi roda ini diperuntukkan bagi penyandang cacat. Akan tetapi, kursi roda listrik ini belumlah sempurna. Masih perlu dilakukan pengembangan baik dari segi sensor, seperti sensor suara, maupun dari desain kursi roda sendiri.(timang-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province