Selasa, 15 November 2011

GSJ NEWS: Sungai Tolang Si Air Merah

Sungai Tolang Si Air Merah

SATWA LIAR : Selain menjanjikan pesona alam yang masih lestari, di sekitar Sungai Tolang juga banyak satwa liar yang berkeliaran di sekitar orang-orang yang mengunjungi sungai tersebut.

SUNGAI ini memiliki pasir yang putih dan kerikil yang menandakannya sangat jernih. Warga sekitar menyebut sungai ini dengan sebutan Sungai Tolang, di Kuantan Singingi.

“Sungai Tolang ini memang tidak besar bahkan anak kecil pun bisa berjalan diatas sungai ini, tapi sungai ini masih sangat jernih dan sungai ini merupakan salah satu pesona alam yang sangat indah,” jelas Rikal Pardian pemuda setempat.

Selain memiliki air yang jernih dan dasar yang berkerikil. Sungai ini memiliki sesuatu yang cukup unik daripada sungai-sungai lainnya khususnya yang ada disekitar Teluk Kuantan.

Sungai ini memiliki air yang berwarna merah, ini dikarenakan adanya ganggang-ganggang merah yang terdapat didasar sungai.

“Air sungai ini berwarna merah dan cukup unik daripada sungai-sungai yang lain,” tambah Rikal Pardian yang biasa dipanggil Rikal ini.

Sungai yang terletak di Pulau Kedundung ini juga masih terjaga kealamiannya. Selain itu suasana di sekitar sungai sejuk , karena sungai ini terletak sedikit masuk kedalam hutan.

Sungai ini bisa ditempuh dalam waktu sepuluh menit dari pusat kota Taluk Kuantan dengan kendaraan bermotor .

Letaknya yang cukup terpelosok, sangat jarang orang-orang melewati jalan yang dapat mengantar kita menuju sungai ini. Hal itulah yang mungkin menyebabkan sungai ini sampai sekarang belum tersentuh sedikitpun oleh pemerintah daerah.

Selain terkenal dengan kejernihannya, sungai yang setiap sore sering dijadikan tempat mandi oleh penduduk setempat ini juga terkenal dengan banyaknya hewan liar .

“Selain airnya jernih dan menyegarkan, disini juga banyak kami temui beberapa hewan liar, seperti monyet bahkan kami pernah menemui kura-kura yang jelas dihabitatnya sudah sangat langka,” ungkap Peslon Aderka dan Riski Parindra, warga setempat yang hampir setiap sore datang ke sungai ini untuk mandi.

Sungai ini merupakan satu dari sekian banyak, habitat bagi berbagai binatang liar yang akan terus menjadi rumah yang ramah bagi mereka. Sungai itu menjadi objek wisata yang bisa dikunjungi saat weekend atau refreshing membuang kejenuhan setelah sehari-hari beraktivitas. Dengan syarat manusia berjanji akan menjaga kelestariannya sehingga pesona sungai Tolang ini tidak akan lekang oleh masa.(teguh-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province