Minggu, 27 November 2011

Info Cagar Biosfer: Menderes, Masa Depan di Pohon Karet

Menderes, Masa Depan di Pohon Karet

internet
MENDERES: Salah satu mata pencaharian masyarakat di sekitar Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu adalah menderes karet.
 
Kehidupan yang sustainable adalah kehidupan yang memiliki keseimbangan antara alam dan manusia. Hal tersebutlah yang kerap dilakukan oleh masyarakat di sekita Giam Siak Kecil-Bukit Batu. Antara mereka dan alam (lingkungan) saling bergantungan. Baik dari segi pembangunan maupun perekonomian.

Contohnya dari segi perekonomian, terlihat jelas alam GSK-BB berperan penting. Karena begitu banyak hasil alamnya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satunya masyarakat yang berada di kawasan zona transisi. Sebagaian dari mereka memanfaatkan lahan tersebut dengan menanam pohon karet.

Lahan seluas 304.123 Ha tersebut dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk meningkatkan potensi alamnya. Satu diantaranya dengan berkebun karet tadi . Nilai jual karet yang cukup tinggi akan menjadi cambuk kesuksesan mereka untuk terus mengembangkan serta mengelola perkebunan tersebut.

Selain itu, pendistribusian karet itu sendiri dipasarkan keluar daerah seperti Pekanbaru, Dumai, Duri dan sekitarnya. Sebab, diketahui bahwa kebutuhan akan bahan baku karet ini terus meningkat. Mengingat banyaknya produsen yang mengelola bahan baku karet ini untuk berbagai barang jadi, seperti ban mobil dan sepeda motor misalnya.

“Kami sangat mendukung masyarakat untuk mengembangkan serta mengelola hasil tersebut. Guna meningkatkan perekonomian mereka. Sebab, hal itu merupakan upaya mereka untuk ikut serta mengembangkan potensi alam GSK-BB,” tutur Yuyu Arlan Manager Flagship Concervation Sinarmas Forestry tersebut.

Namun, hal tersebut tidak terlepas dari kerjasama antara pihak swasta seperti Sinarmas Forestry (SMF) yang tidak mengecualikan siapa saja yang ingin turut serta mengelola perkebunan tersebut. Dalam artian, pihak SMF juga memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar GSK-BB.

“Selain memberikan dukungan dari segi moril, kami juga senantiasa memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengelola perkebunan sebagai mata pencaharian mereka nantinya. Hal tersebut tentunya baik untuk perkembangan GSK-BB.” Tambah Manager Flagship SMF ini.(pia-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province