Sabtu, 12 November 2011

Info Green: Perlunya Contoh PLTN murah India dan Bank Sampah Bogor

Perlunya Contoh PLTN murah India

Berdasarkan keterangan pakar nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Zaki Su‘ud, India telah mampu menyediakan listrik PLTN dengar harga murah yakni dua sen dolas AS per kWh, tapi memiliki standar keamanan dan keselamatan tinggi seperti yang dipunyai Barat. Dan Indonesia patut untuk mencontohnya.

Dia juga mengatakan meskipus AS terus menawarkan teknologi pada India. Namun India memilih menggunakan teknologi nuklir milik Rusia yang standar keamanannya rendah dan murah. Tapi, ahli India mendesain kembali teknologi tersebut sehingga bisa seaman milik Barat dan harganya tetap murah.
Teknologi PLTN kini memang sudah semakin aman dan memiliki standar keselamatan yang tinggi berbeda dengan sebelumnya. Sementara itu, Menurut Ketua Masyarakat Peduli Energi dan Lingkungan Budi Sudarsono, pembangunan PLTN pertama kali memang akan mahal, sedikitnya Rp16 triliun untuk satu PLTN berkapasitas 1.000 MW, namun untuk pembangunan PLTN berikutnya harganya akan semakin murah. (afra-gsj/int/new)

Bank Sampah Bogor
Ternyata tak hanya bank pohon saja yang ada. Di Bogor, Jawa Barat kini akan dibangun bank sampah sebagai upaya untuk mengurangi timbunan sampah di wilayah tersebut. Seperti layaknya bank sungguhan. Di bank ini masyarakat nanti juga akan menabung, tapi yang ditabung adalah sampah. Dan disini nantinya juga akan ada lembaga pengurus yang membantu pelaksanaan tugasnya, mulai dari manager, admin atau kasir, unit kerajinan sampai ke unit pengumpulan.
                 Menurut Shahlan Rasyidi, Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Dampak Lingkungan pada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor, bank sampah di wilayah Bogor ini merupakan proyek percontohan dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk wilayah Jawa Barat. Sementera itu untuk empat wilayah lainnya yaitu Batam, Bandar Lampung, Palembang dan Surabaya juga akan dibangun bank sampah serupa. Bank sampah di Bogor ini akan dibangun di Kelurahan Kertamaya Kecamatan Bogor Selatan. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province