Minggu, 25 Desember 2011

Green Techno: Software Pengawasan Hutan

Software Pengawasan Hutan

Salah  seorang mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Gajah Putih (UGP), Takengon, Kabupaten Aceh Tengah berhasil membuat sebuah software pendeteksi untuk pengawasan hutan dan pendokumentasian adat budaya Gayo. Ada tiga Software yang telah diciptakan. Software pertama diberi nama “Pang Uten” yang merupakan alat deteksi kebakaran hutan dan penebangan liar tanpa satelit.

Sementara software lainnya diberi nama “Lelongohen” yang merupakan aplikasi optimalisasi titik penanaman kopi untuk menghasilkan kopi dengan cita rasa terbaik. Dan yang ketiga dinamai “Distro Deep-IX” yaitu sistem operasi berbasis Linux untuk mendokumentasikan adat dan budaya Gayo.

Menurut Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan UGP, Zulfikar Ahmad, ketiga temuan ini akan segera diseminarkan dan dihadiri oleh Dr Jonas Debian, pakar Linux dari Denmark, yang selama ini membantu mahasiswa dalam penyempurnaan produk ini selama dua minggu. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province