Minggu, 25 Desember 2011

Info Green: Tujuh Hutan Bakau Jadi Contoh dan Botol Plastik, Tiket Masuk Monas

Tujuh Hutan Bakau Jadi Contoh

BAKAU: Hamparan hutan bakau (mangrove). Tujuh hutan bakau di Indonesia akan menjadi areal percontohan internasional.

Kerja sama tentang pengelolaan tujuh kawasan hutan bakau di Indonesia ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Binda Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial (BPDAS dan PS) Kementerian Kehutanan dengan Japan Internastional Cooperation Agency (JICA) di Jakarta Selasa (20/12) lalu. Ketujuh hutan bakau ini nantinya akan menjadi percontohan dalam lingkup ASEAN. Selain itu juga menjadi lokasi pembelajaran bakau untuk komunitas ASEAN dan internasional.

Nantinya ketujuh kawasan hutan bakau ini akan menerapkan mekanisme share learning. Ketujuh lokasi hutan bakau ini berada di Surabaya, Lampung, Bali Barat, Alas Purwo (Banyuwangi), Balik Papan, Tarakan dan Jepara. Selain sebagai lokasi pembelajaran, ketujuh kawasan hutan bakau ini nantinya juga menjadi tempat pengembangan kemampuan ekonomi masyarakat lokal. (afra-gsj/int/new)

Botol Plastik, Tiket Masuk Monas

BOTOL: Sepuluh botol plastik bekas air mineral bisa digunakan sebagai tiket untuk memasuki ruang-ruang diorama di Monas.
Ternyata kini tak perlu susah-susah lagi untuk membeli tiket masuk ruang diorama di Monumen Nasional (Monas) dengan uang. Karena tiketnya bisa didapat dengan  memberikan sepuluh botol kemasan bekas air mineral. Ini sebagai salah satu langkah pengelola Monas untuk mengaitkan antara wisata dengan kesadaran lingkungan hidup.

Untuk semakin melengkapinya, juga dihadirkan sebuah mesin berbentuk kotak berkelir merah-kuning yang mirip dengan mesin ATM. Tapi, bedanya mesin ini lebih besar dan dilengkapi unit untuk memindai dan lubang cukup besar. Nama alat ini adalah Reserve Vending Machine (RVM) atau dalam bahasa Indonesianya mesih pengolah sampah. Paling tidak dengan adanya program sepuluh botol plastik bekas ini bisa mengajarkan kepada masyarakat cara membuang sampah yang benar. Bagaimana dengan tempat wisata lainnya? Berminat mencoba! (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province