Minggu, 25 Desember 2011

GSJ News: Apotik Hidup di Depan Sekolah

Apotik Hidup di Depan Sekolah


Tidak seperti sekolah-sekolah menengah atas lainnya, SMAN 4 Pekanbaru memiliki lahan khusus yang diperuntukkan sebagai tanaman apotik hidup atau yang biasa disebut tanaman obat-obatan didepan sekolahnya yang berukuran kurang lebih 1 x 13 meter. 


SMAN 4 Pekanbaru memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan sekolah lain, jika sekolah lain memilih untuk menanam taman mereka dengan berbagai jenis bunga maka SMAN 4 Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Adi Sucipto dekat komplek AURI ini lebih memilih untuk membuat taman depan sekolah dengan tanaman obat-obatan. 

“awalnya kita memang sudah ada beberapa jenis tanaman obat-obatan yang kita tanam disekitar sekolah, tapi kini kita telah memiliki lahan khusus untuk menanam tanaman apotik hidup,” jelas Dharmawaty, Staf Sarana di Bidang K3 SMAN 4 Pekanbaru.

Lahan khusus yang diperuntukkan tanaman apotik hidup ini memang diusulkan langsung oleh Azwir, Kepala Sekolah SMAN 4 Pekanbaru sendiri. Program apotik hidup didepan sekolah ini sudah berlangsung sejak  satu bulan yang lalu. Untuk menjaga kelestarian taman yang berisikan tanaman apotik hidup tersebut pihak sekolah berkoordinasi langsung dengan petugas kebersihan sekolah selain juga dengan guru serta murid-murid yang ada.

Beberapa jenis yang ada misalnya saja seperti tanaman jahe merah, jahe putih, sirih merah, kumis kucing dan daun dewa serta jenis tanaman obat-obatan yang lainnya. Sementara untuk bibitnya, pihak sekolah tidaklah membeli diluar melainkan mendapatkan langsung dari kepala sekolah, guru maupun murid-murid yang telah memiliki bibit tersebut.

“Selain mendapatkannya dari guru maupun murid, bibit-bibit yang ada juga kami perolah dari hasil penyemaian yang kami lakukan sendiri jadi kami tidak sama sekali mengeluarkan anggaran untuk taman apotik hidup ini,” tambah Dharmawaty yang juga sebagai guru BK di SMAN 4 Pekanbaru.

Alasan dipilihnya tanaman apotik hidup ini sendiri memang sedikit berbeda dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman yang ada nantinya dapat dimanfaatkan, seperti daun dewa yang dapat mengobati kanker serta tanaman jahe yang dapat menghangatkan suhu tubuh.

“Sangat berbeda dibandingkan sekolah lain, sekolah kami memeiliki lahan khusus atau taman khusus yang diperuntukkan untuk tanaman obat-obatan, semoga saja taman ini dapat terus hidup sehingga kelak dapat kami manfaatkan hasilnya,” ungkap Millani Amastasia Koeswardani salah satu murid di SMAN 4 Pekanbaru.

Kalau saja semua sekolah di Pekanbaru ini mempunyai apotik hidup seperti itu, tentu akan sangat menguntungkan bagi penghuni sekolahnya. Selain untuk penghijauan serta keindahan, juga dapat sebagai pengganti obat-obatan yang ada di apotik maupun dokter.(teguh-gsj)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province