Minggu, 25 Desember 2011

GSJ News: Tadabur, Membaur dengan Alam

Tadabur, Membaur dengan Alam

Kawasan Taman Rindu Sempadan yang terletak di perbatasan Pekanbaru - Siak sontak dipenuhi sorak-sorai kedatangan rombongan siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berstandar Teknologi para guru dan mahasiswa Progam Pengalaman Lapangan (PPL) UIN Suska Riau, Kamis (22/12) lalu.

Tepat pukul 09.05 seluruh rombongan telah memasuki kawasan Rindu Sempadan dengan menggunakan tiga unit bus. Para siswa tersebut akan mengikuti serangkaian pembelajaran mengenal alam di kawasan tersebut. Awalnya acara ini kita tujukan hanya untuk siswa yang baru selesai melaksanakan ujian semester ganjil. Namun akhirnya muncul inisiatif untuk menggabungkan acara perpisahan enam mahasiswa UIN Suska yang sedang PPL  dalam rangakaian tadabbur ini.


Drs H Saadanur, kepala sekolah MA Muhammadiyah dalam sambutannya sempat mengucapkan terimakasih atas inisiatif para mahasiswa PPL UIN Suska yang telah susah payah bekerja mewujudkan acara ini. 

“Tadabbur alam seperti ini baru pertama kali diadakan oleh sekolah ini,” ujarnya. 

Di kesempatan itu, Drs H Saadanur juga menyampaikan materi mengenai tadabbur alam. Dalam penyampaiannya ia mengingatkan bahwa alam semesta ini adalah sumber ilmu pengetahuan bagi orang-orang yang beriman.

Ia kembali berpesan  pada panitia agar rangkaian acara ini harus dimaksimalkan, para siswa juga diperbolehkan berkeliling kawasan Rindu Sempadan dengan didampingi panitia dan guru bidang studi biologi, meraka mendata tanaman-tanaman yang ada disana dan akan membuat laporan yang akan dipresentasikan pada akhir acara. 

Estafet belut menjadi acara pembuka dalam rangkaian outbond. Siswa dibagi menjadi lima orang perkelompok dan membentuk estafet mengantarkan belut sampai ke baskom pengumpulan di ujung estafet. Guru-guru diminta menjadi kelompok pertama oleh panitia.

Selain itu, rangkaian kegiatan outbond lainnya antara lain adalah mencari dan mengumpulkan bendera yang sengaja disembunyikan panitia dibalik batang pohon, melintas menggunakan jaring tali dan kegiatan outbond lainnya yang juga tersedia di kawasan taman Rindu Sempadan.

Menutup acara, dilanjutkan dengan pembagian kenang-kenangan kepada sekolah dari mahasiswa PPL dan doorprize kepada seluruh siswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan kegiatan-kegiatan yang diadakan mahasiswa PPL sebelumnya. Semua siswa dan guru saling bermaaf-maafan di akhir rangkaian acara.(adhitya-gsj)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province