Selasa, 20 Desember 2011

GSJ News: Universitas Riau Menuju Green Campus

Universitas Riau Menuju Green Campus
TATAP MUKA : BEM Universitas Riau dan mahasiswa dari berbagai fakultas mengadakan tatap muka dengan beberapa orang pembicara untuk mendiskusikan wacana Green Campus.
 
Dalam rangka menyukseskan Universitas Riau menuju Green Campus, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) lebih khususnya Kementrian Lingkungan Hidup BEM Universitas Riau mengadakan seminar dan dialog publik, dilantai dua gedung LPM Universitas Riau, Kamis (15/12/) lalu.

Acara yang dimulai pukul 09.00 wib ini dihadiri oleh Presma dan Kementerian Lingkungan Universitas Riau beserta tim teknisnya, selain itu juga dihadiri oleh tiga orang pembicara. Yakni Usman M Tang (Ketua Lembaga Penelitian Universitas Riau), Ilham Malik (Ketua Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sumatera) serta Zulfikar Jayakusuma (Akademisi Lingkungan Universitas Riau).

“Sebenarnya saya ada acara lain diluar sana, tetapi demi acara ini saya membatalkan semuanya. Bagi saya acara ini sangatlah penting dan kami sangat mendukung sekali apabila benar adanya kalau Universitas Riau akan menjadikan kampusnya hijau, atau yang biasa kita sebut green campus,” terang Ilham Malik yang merupakan Ketua Kementrian Lingkungan Regional Sumatera.

“Manfaat acara ini adalah agar kita mampu mengangkat isu-isu mengenai cita-cita kita tentang green campus sehingga kita mampu menyamakan persepsi terlebih dahulu sebelum berbuat sesuatu terhadap lingkungan,” jelas Zul Kariman Menteri Lingkungan BEM Universitas Riau.

Seminar dan dialog publik ini dihadiri sekitar 50 peserta yang berasal dari berbagai macam LSM serta fakultas yang ada di Universitas Riau, Mapala-mapala yang ada di Universitas Riau, diantaranya Mapala Sungkai dan Mapala Winetou.

Acara ini disambut antusias oleh peserta, hal ini terlihat dengan banyaknya perdebatan dan diskusi selama acara ini berlangsung. Mulai dari yang memperdebatkan masalah lingkungan kampus yang kotor dan banjir dibeberapa titik, memperdebatkan apa itu green campus sendiri hingga bukti nyata dari acara ini nantinya sehingga bagaimana terbentuknya green campus seperti yang diinginkan.

“Ini langkah awal pergerakan kita untuk bisa mencapai Universitas Riau menuju green campus dan langkah ini harus dilanjutkan,” tambah Zul Kariman atau yang biasa dipanggil Zul ini.

Acara berakhir pukul 13.00 wib, terlontar beberapa harapan yang ada baik dari pembicara maupun peserta yang mengikuti acara ini. seperti yang dilontarkan oleh Karya Rizki atau yang biasa dipanggil Bojes selaku Ketua Brimapala Sungkai Universitas Riau.

“Semoga saja ini tidak hanya sebatas sosialisasi bahwa Universitas Riau akan menuju green campus tapi mudah-mudahan tahap selanjutnya kita langsung action untuk menjadikan kampus kita benar-benar green campus,” pungkasnya(teguh-gsj)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province