Minggu, 11 Desember 2011

Our Green Inspiration: (Olya Melen) Pembela Hukum Bagi Lingkungan

Olya Melen
Pembela Hukum Bagi Lingkungan


Sebagai seorang pengacara Olya Melen membuktikan bahwa ia juga bisa berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Hal ini dimulai ketika terjadi pembangunan kanal besar yang akan memotong jantung dari Delta Danube yaitu salah satu lahan basah dunia yang paling berharga yang terletak di pantai Laut Hitam, Rumania dan Ukraina.
Delta Danube ini adalah sebuah labirin dari danau dan sungai yang mencapai luas lebih dari 1 juta hektar. Tak hanya itu saja ini juga merupakan “tempat tidur” bagi buluh terbesar di dunia dan banyak satwa unik lainnya. Bahkan tempat ini telah ditetapkan sebagai lahan basah yang penting secara internasional dalam Konvensi Ramsar. UNESCO pun menetapkannya sebagai situs warisan dunia dan Biosphere Reserve.
Dan sebagai seorang pengacara Olya Melen pun ikut serta berjuang menggunakan jalur hukum untuk menghentikan sementara pembangunan dari kanal besar tersebut. Dimana kanal ini secara otomatis akan berpengaruh pada ekosistem yang ada di Delta Danube tersebut.
Perjuangan Melen ini tentunya mendapatkan reaksi dari banyak pihak. Salah satunya kecaman dari pre-Orange Revolution Government yang terkenal korup dan kebal hukum. Pada tahun 2004, dengan tanpa pemberitahuan publik sebelumnya dan tentu saja melanggar hukum lingkungan internasional dan nasional. Pemerintah Ukraina memulai pengerukan dan menopang bagian sempit dan dangkal dari suatu jalur air delta sepanjang 106 mil untuk membuat kanal yang akan memungkinkan kapal besar untuk bisa melakukan perjalanan langsung antara Sungai Danube dan Laut Hitam.
Namun, seketika organisasi tempat dimana Melen bekerja yaitu Environmen-People-Law (EPL) langsung mengajukan tuntukan hukum terhadap proyek tersebut. Dan Melen lah yang memimpin kasus tersebut, meskipun dia sebelumnya belum memiliki pengalaman di ruang sidang. Secara tiba-tiba Melen menjadi seorang environmentalis ketika itu.
Pemerintah tentu saja melakukan berbagai cara agar usaha yang dilakukan oleh Melen tidak berhasil. Sehingga pembangunan kanal tersebut tetap bisa dilaksanakan. Namun, Melen tidak patah arang dan tetap berusaha menggagalkan hal tersebut.
Melen pun dianugerahi penghargaan lingkungan hidup Goldman Environment Prize pada tahun 2006 atas usahanya dalam menyelamatkan ekosistem di Delta Danube ini. Sebuah usaha yang luar biasa dari seorang pengacara muda, bagaimana dengan kita? (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province