Senin, 09 Januari 2012

Our Green Inspiration (Joseph J. Romm): Jaga Lingkungan dengan Tulisan

Joseph J. Romm
Jaga Lingkungan dengan Tulisan

 ZOMBI  IKLIM: Joe Romm berfoto bersama zombi iklim yaitu sebuah acara yang memprotes industri yang tidak ramah lingkungan.

Joseph J. Romm itulah namanya. Tapi kini ia lebih dikenal dengan nama Joe Romm, seorang blogger dan penulis yang memiliki perhatian yang tinggi terhadap lingkungan dan perubahan iklim. Melalui blognya ia menyebarkan virus-virus cinta lingkungan.

Lahir pada tanggal 27 Juni 1960, Joseph J. Romm atau yang lebih dikenal dengan Joe Romm. Romm kecil dibesarkan di Middleton, New York dari ayah seorang manager editor, Al Romm dan ibu seorang penulis, Ethel Grodzins Romm. Setelah menyelesaikan studinya di Middletown High School, Romm melanjutkannya di Massachusetts Institute of Technology.

Setelah menyelesaikan Phd nya pada tahun 1987, Romm bekerja sebaga asisten khusus untuk keamanan internasional di Rockefeller Foundation. Lalu, dari tahun 1991 sampai 1993 ia menjadi peneliti di Institute Rocky Mountain. Berangkat dari sini dia melakukan analisis lingkungan pertama dari sistem bahan bakar untuk Global Environment and Technology Foundation.

Sejak itu juga ia mulai menulis banyak buku tentang lingkungan. Salah satunya diterbitkan pada tahun 1999 dan menjadi acuan terbaik bagi perusahaan dengan teknologi yang maju untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Judul bukunya tersebut adalah Cool Companies: How the Best Businesses Boost Profits and Productivity by Cutting Greenhouse Gas Emissions.

Romm menjadi Senior Fellow di Center for American Progress sejak akhir tahun 2006. Dimana ia memelihara dan menulis blog tentang iklim. Kemudian, pada tahun 2008 majalah Time memasukkan blog Romm ke dalam “Top 15 Situs Web Hijau”. Menurut majalah Tima, Romm menulis dengan analisis yang tajam dan asli. Argumen yang digunakannya kuat dan berkesan serta bisa memunculkan tindakan yang luar biasa untuk menghadapi pemanasan global.

Ternyata tulisan Romm berdampak banyak. Ia beberapa kali bersaksi pada Komite Kongres tentang Energi dan Isu pemanasan global. Ia juga menawarkan padangan pada pemerintah untuk bisa mengekang pemanasan global. Misalnya saja, pada bulan April 2010 Romm bersaksi di depan the Ways and Means Committee of the U.S. House of Representatives tentang cara mengoptimalkan Energy Tax Incentives Driving the Green Job Economy.

Tak hanya itu saja tulisan Romm pun banyak dikutip oleh berbagai kalangan dan wartawan pun banyak mewawancarainya untuk menjelaskan tentang permasalahan lingkungan. Misalnya saja pada tahun 2011, Washington Post meminta persetujuan Romm untuk menggunakan literatur ilmiahnya tentang perubahan iklim. Bukunya yang terakhir berjudul Straight Up sebagian besar diisi berdasarkan postingan tulisan blognya terkait dengan isu perubahan iklim. Buku ini rilis pada April 2010. Romm juga mengisi seminar pada KTT Green Car yang diadakan Washington Auto Show. Berangkat dari sini juga, maka Romm pun terpilih menjadi The Heroest of Environtment 2009 versi majalah Time. Blognya, thinkprogress.org juga termasuk ke dalam 25 daftar Blog Terbaik 2010 Majalah Time. So, keep writing guys! (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province