Rabu, 01 Februari 2012

Riau Pos Bike Community: Rumbai Riders Fixie, Mengkayuh Untuk Lingkungan


   Salah satu cara yang dapat kita lakukan apabila ingin mengurangi polusi adalah dengan bersepeda. Rumbai Rider Fixie merupakan salah satu club sepeda yang ada di Riau khususnya Pekanbaru yang bertekad untuk tetap menjaga lingkungan terbebas dari polusi.   Rumbai Rider Fixie sendiri baru berdiri pada tannggal 17 September 2011 silam, yang pada mulanya hanya beranggotakan 10 orang yang mana Herry Marcyanda dan Admanedi merupakan dua orang pioner dari berdirinya klub sepeda fixie ini. Basecamp Rumbai Rider Fixie sendiri yakni di Rumbai itu sendiri, tepatnya disebuah bengkel di jalan paus. 

 
     “Terbentuknya club sepeda ini sendiri yakni berawal dari sebuah ide untuk mencegah terjadinya polusi udara, hidup sehat, ramah lingkungan dan berolahraga dengan sepeda,” jelas Herry Marcyanda yang merupakan ketua dari Rumbai Riders Fixie ini.   Dikomandoi oleh Herry Marcyanda yang menjabat sebagai pencetus juga sekaligus ketua Rumbai Rider, club ini dari awal terbentuknya hanya terdiri dari 10 anggota. Kini club sepeda yang bisa terbilang baru ini dari waktu ke waktu telah memiliki cukup banyak anggota. Perempuan laki-laki mulai dari yang tua hingga yang muda, berbagai golongan pekerjaan tanpa mengenal kasta semua ada di club ini membaur dalam kebersamaan. 

     “Filosofi nama Rumbai Riders Fixie sendiri, berasal dari daerah asal kami yang rata-rata anggotanya semua berasal dari daerah rumbai. Selain itu dibalik nama rumbai terbesit satu pesan kami kalau kami ingin menjadikan lingkungan sekitar kami terutama rumbai terbebas dari polusi,” tambah Herry Marcyanda yang juga berprofesi sebagai guru lukis ini. 

     Untuk menyampaikan pesan tersebut terkadang mereka juga melakukan kegiatan lain, seperti selalu hadir di Car Free Day setiap ahad paginya. Bahkan mereka sengaja mengkayuh sepeda mereka langsung dari rumbai menuju pusat kota, tepatnya depan Hotel Aryaduta tempat dimana mereka sering berkumpul.“Mengkayuh dari rumbai lumayan capek, tapi seru karena selain sehat kita juga bisa mengurangi dampak dari polusi apabila kita menggunakan kendaraan bermotor,” ucap Agus Subekti atau yang biasa dipanggil Boim dengan tertawa, yang merupakan salah satu anggota dari Rumbai Riders Fixie. 

      Membudayakan bersepeda seperti bike to school, bike to campus dan bike to work demi untuk mengurangi polusi terutama polusi yang ada di sekitar Ruang Terbuka Hijau (RTH), merupakan salah satu visi dan misi club sepeda yang juga memiliki kegiatan untuk selalu berkumpul tiap rabu malam di Purna MTQ ini.   Meskipiun sempat tersendat dalam mengembangkan club ini, kini dengan anggota yang ada Rumbai Rider Fixie berharap dapat mengubah pandangan orang-orang untuk ikut menjaga kebersihan udara sekitarnya atau terbebas dari polusi. Salah satunya dengan bersepeda. (teguh-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province