Senin, 20 Februari 2012

Save The Earth: Pembersih Zat Beracun

   Tanaman hias ternyata bisa membuat udara di rumah bersih. Dengan hanya menanam, tanaman tersebut, maka sekitar lingkungan tempat tinggal pun menjadi bersih dan segar, serta terbebas dari polusi udara.
Jenis tanaman pembersih udara ini tidak memerlukan biaya yang mahal untuk menjadikan rumah bersih dan sehat.

   Selain itu, dengan menanam tanaman tersebut di sekitar rumah Anda dapat mengurangi zat-zat berbahaya seperti. Amoniak, benzene, formaldehyde, karbon monoksida, nitrogen monoksida, serta mengurangi polusi lainnya dari luar lingkungan rumah Anda. Ada beberapa jenis tanaman yang efektif untuk membersihkan udara menurut hasil penelitian NASA dan beberapa ilmuwan, diantaranya Dr. Wolverton PHD.


   Jenis tanaman itu adalah Lidah Buaya (Aloe vera), Janet Craig (Dracaena deremensis), Bamboo Palm (Chamaedorea seifrizii),Rubber Plan (Ficus robusta), Palm Tree, Pakis Boston (Nephrolepsis exaltata bostoniensis), Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens) dan jenis tanaman hias lainnya.

   Menurut hasil penelitian NASA juga menyatakan, bahwa dengan menanam tanaman yang telah diketahui dapat menangkal polusi mampu membersihkan udara di dalam rumah dan diyakini lebih efektif.

   Pada saat rumah baru saja di cat atau baru membeli barang-barang furniture lainnya. Disinilah, saat menempatkan pot dari jenis tanaman yang dianjurkan di dalam rumah ternyata dapat membantu mengurangi kadar zat kimia yang terdapat pada cat dan barang-barang furniture.

   Agar sirkulasi udara selalu bersih dan segar, tanaman bisa diletakan di dalam rumah, agar terasa lebih nyaman.

   Namun demikian, sebaiknya selama 2-3 hari tanaman tersebut di tempatkan di luar rumah, agar bisa menikmati udara luar. Setelah beberapa hari diletakkan di luar, tanaman bisa dimasukan kembali ke dalam rumah selama seminggu.

   Dari penuturan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (UIR), Ir Rosyadi MSi, seperti tanaman yang biasa disebut lidah buaya ini selain bisa membersihkan udara ternyata juga mempunyai banyak khasiat lainnya seperti, mengobati kuit memar, kaki pecah-pecah, lecet, rambut rontok, radang tenggorokan, mengobati bisul, dan wasir.

   Kemudian, Spider plant. Rosyadi menjelaskan, jenis tanaman ini diketahui sangat bagus untuk membuang zat karbon monoksida dan nitrogen monoksida yang terdapat dalam ruangan. Bila menempatkannya di dalam rumah atau suatu ruangan, maka dalam waktu 24 jam zat-zat polutan dalam ruangan tersebut akan hilang.

   Spider plant merupakan tanaman yang tumbuh dengan cepat. Tanaman ini bagus untuk menghilangkan gas beracun dan pengotor lain, seperti formalin dan xylene. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik, tanaman ini harus diletakkan di dapur, di dekat perapian atau di tempat-tempat di mana karbonmonoksida terakumulasi.

   Selanjutnya, Pakis Boston (Nephrolepsis exaltata bostoniensis), tanaman eksotis yang anggun dengan daun melengkung dan berjumbai.

   Pakis boston bertindak sebagai humidifier alami. Tanaman tumbuh lebih baik lagi jika berada di tempat berkondisi lembab.

   Dengan melepaskan kelembaban ke udara, mereka menghapus polusi udara jahat seperti benzena, formaldehida dan xilena. Juga menyediakan udara bersih di dalam rumah.

   Begitu juga dengan Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens), tumbuhan ini sangat sensitif dan dikenal sebagai humidifier. Meskipun tanaman ini tumbuh lambat dan membutuhkan perawatan sepanjang tahun, namun tanaman ini dapat disimpan di mana saja, terutama di sebelah furnitur yang baru dipernis atau di ruangan berkarpet. Tanaman ini membantu mengeluarkan racun mematikan, seperti formalin dan xilena.
''Tanaman bisa memberikan banyak manfaat bagi lingkungan sekitar. Termasuk, tanaman yang ingin ditanam dalam rumah. Racun bisa tersedot karena tanaman tersebut. Tergantung dari kita ingin melakukan penghijauan di rumah atau tidak,'' ungkapnya kepada Riau Pos akhir pekan lalu.

   Rosyadi menjelaskan, penanganan permasalahan dan perbaikan lingkungan, bukan hanya masalah fisik semata tapi lebih pada masalah perbaikan mentalitas dan perubahan budaya masyarakat.
Perbaikan budaya dan perubahan mentalitas bersifat jangka panjang berjenjang dan sistematis.

   Bidang penanaman ramah lingkungan hijau harus terus digalakan. Dengan adanya tanaman tersebut, akan membawa inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari agar ramah lingkungan
Sementara itu Kepala Kebun Percobaan UIR, Jon berharap untuk emenuhi kebutuhan, masyarakat hendaknya dengan cara yang dapat terus menerus ke masa depan, tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam.

   Artinya, memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengkompromikan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

    ‘’Menanam tanaman hias salah satu langkah yang sudah semestinya bisa dilakukan masyarakat. Untuk menjadikan lingkungan rumah bersih dan sehat. Kesegaran udara juga akan terasa dengan menanam di sekitar rumah. Rumah terlihat cantik dan indah, serta segar alami,’’ ujarnya.(new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province