Senin, 20 Februari 2012

Bunga Bangkai

    BUNGA Bangkai atau Famili Araceae sebangsa talas dengan nama spesies Amorphophallus titanum.Tanaman ini beda sekali dengan bunga raflesia. Namun banyak orang menyamakannya, jenis Amorphophallus titanum ini merupakan endemikSumatera, dengan memiliki tinggi bunga mencapai 3-4 meter. Sebelum bunga raksasa tumbuh didahului oleh tanaman talasnya.

   Bahkan beberapa kali tumbuh barulah tumbuh bunganya setelah bungkul dalam tanah sudah besar dan patut berbunga.

   Dalam etnobotani Rokan bunga ini memiliki lima penyebutan nama dan memiliki dua nama bagian dari bunga tersebut sebagai berikut :
1. Umbinya disebut dengan "Bungkuo tangguk" yaitu umbi yang terdapat pada pangkal tanaman ini. 2. Batangnya yang besar tersebut disebutdengan "Popanau". 3. Bagian daun pada saat tanaman ini belum menjadi bunga disebut dengan "Kipeh tumerang". 4. Sedangkan bagian bunga secara keseluruhandisebut dengan "Bungo Bangkai". 5. Bagian kuncupnya disebut dengan "Jantong Krubuik".
Sedangkan bagian bunga disebut dengan bagian kelopaknya "Sludang" dan bagian kuncupnya yang bagian atas saja disebut dengan "Kolambujantong"

   Dalam cerita yang ditutur oleh budayawan Rokan bapak Taslim bagian-bagian bunga bangkai ini sangat banyak manfaatnya, mulai dari jimat sampai, obat pertanian dan obat lainnya. Tidak semua orang berani mendekati tanaman ini pada zaman dahulu. dikarenakan banyak hal-hal yang tidk baik terdapat sekitar tanaman ini.



Dikirim Oleh:

Yusri Syam
Pusat Informasi Kupu-Kupu Sumatera
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province