Selasa, 14 Februari 2012

Green Info: Sel Surya dari Rumput dan Daun

  RUMPUT: Bagian dari tanaman seperti rumput dan daun ternyata bisa diubah menjadi bahan dasar untuk sel surya atau yang lebih dikenal dengan sel surya bio.
   UNTUK mendapatkan sel surya yang lebih murah semakin mendekati kenyataan. Seorang ilmuwan dari Massachusset Institute of Technology (MIT) telah berhasil membuat terobosan dengan membuat sel surya dari serpihan rumput dan dedaunan. Hasil risetnya ini dipublikasikan dalam Jurnal Scientific Reports.

   Sel surya ini dikenal dengan Biophotovoltaic atau yang lebih akrab disebut sel surya bio. Sel surya jenis ini langsung memanfaatkan sistem fotosintesa yang sudah dimiliki oleh tumbuhan untuk mengubah energi surya menjadi listrik.

   Penelitian ini mengantarkan sel surya mencapai efisiensi sebesar 0,1 persen. Mungkin angka itu belum apa-apa karena belum diaplikasikan. Namun menurut penelitinya sendiri, Andreas Mershin, ini merupakan peningkatan 10 ribu kali dari pencapaian efesiensi sel surya bio generasi sebelumnya. Setidaknya riset ini memberikan jalan terang untuk riset-riset berikutnya. (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province