Senin, 12 Maret 2012

Green Info: Cemara Kuning Terancam Punah

    CEMARA: Perubahan iklim ternyata juga berdampak pada kepunahan cemara kuning. 
    TIDAK hanya ekosistem laut yang merasakan secara langsung dampak dari perubahan iklim. Hutan yang termasuk ke dalam ekosistem darat pun kini mulai terancam. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Paul Schaberg bersama koleganya dari US Forest Service, sebuah badan di bawah naungan departemen pertanian Amerika Serikat, diketahui bahwa salah satu jenis cemara kuning telah mengalami penurunan dalam jumlah yang besarHal ini terungkap . 

   Menurut Paul menghilangnya pepohonan tersebut telah dimulai sejak lima puluh tahun terakhir dan ditandai juga dengan berkurangnya intensitas salju yang turun. Cemara kuning salju merupakan sumber air sekaligus pelindung bagi permukaan tanah dari kekeringan. Padahal menurutnya cemara kuning termasuk pohon yang tahan dan bisa bertahan hidup hingga 1000 tahun.

   Kondisi ini jelas memprihatinkan dan apa yang terjadi pada cemara kuning ini hanya gambaran kecil dari ketidakmampuan flora untuk menghadapi perubahan iklim yang sedang berlangsung. Masihkah kita tetap menunggu untuk menjaga lingkungan ini? (afra-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province