Senin, 12 Maret 2012

Riau Pos Bike Community: Aquaduct, Sepeda Unik Penghasil Air Jernih

 SEPEDA UNIK : Model sepeda unik ini sangat digandrungioleh pecinta olahraga sepeda.

BENTUK sepeda ini sangat disenangi. Banyak masyarakat berlomba-lomba membuat sepeda yang unik. Salah satunya sepeda yang dapat menghasilkan air jernih. Sepeda ini diberi nama Aquaduct.

Memenangkan kontes Google Innovate-or-die, Aquaduct ini diciptakan atas desain yang diberikan oleh IDEO (Pemenang kontes Innovate-or-die ’08). Konsep yang diberikan sepeda ini antara lain adalah transportasi (sebagaimana layaknya sepeda digunakan), penyaring dan juga penyimpanan Air. 

Slogan yang diberikan sepeda ini adalah “Kayuh sepedanya maka sesampainya anda di rumah anda dapat meminum air jernih”. Kapasitas air yang dapat di tampung oleh sepeda ini sendiri adalah sebanyak 8 litter air.
Tim desain mereka didasarkan pada kenyataan bahwa paling tidak empat kepala keluarga membutuhkan sekitar 20 galon air sehari untuk memenuhi kebutuhan dasar. Baik itu, untuk minum, memasak, mencuci dan juga mandi.

Aquaduct adalah contoh yang sangat baik dari teknologi. Seperti istilah yang diciptakan oleh ekonom asal Inggris EF Schumacher. Ia mengatakan ekonomi sebagai orang penting, dimana untuk dapat menggambarkan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Pada tingkat lokal ataupun regional.
Sepeda ini merupakan pertemuan salah satu kebutuhan yang paling dasar dari semua kebutuhan, yakni air. Air minum yang bersih menjelaskan, lebih dari 1,1 miliar orang tidak memiliki akses terhadap air bersih dan lebih dari 5.000 anak meninggal setiap hari karena penyakit terkait air.

Penemuan sepeda ini dapat bermanfaat untuk masa depan dunia, karena dapat memanfaatkan kekayaan alam dan sebagai salah satu program anti kemiskinan yang di usung oleh PBB. Artinya, jika mereka menemukan cara untuk memproduksi massal penemuan mereka dengan biaya yang efektif, dilewati dengan dapat menambah kebanyakan ide, sehingga penemuan ini nantinya juga mampu berusaha untuk mengatasi kemiskinan penyakit ekstrim dan juga kelaparan. (teguh-gsj/int/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province