Senin, 12 Maret 2012

Riau Pos Bike Community: Let’s Go Piknik

 SANTAI : Usai gowes bersama anggota Piknik santai dan foto bersama
FIXIED Gear Unik atau yang biasa disingkat menjadi Piknik. Piknik sendiri berdiri pada akhir 2009 yang pada mulanya hanya beranggotakan 6 orang yang mana Yandra Harakay dan Reza E. Kanpay merupakan dua orang pioner dari berdirinya klub sepeda yang sering nongkrong di depan Hotel Aryaduta ini.
Selain, demi menjaga lingkungan untuk tetap bersih terbebas dari polusi. Piknik sendiri memiliki visi dan misi dalam setiap tahunnya, seperti untuk terus berjuang mengajak seluruh orang untuk bergowes bersama dan dimanapun tempatnya.


“Komunitas ini dibuat untuk menjalin silahturahmi antar goweser yang ada di Pekanbaru khususnya,” ucap Yandra Harakay.


Mulai aktif sejak 2010 kini Piknik telah beranggotakan 30 orang lebih. Berbagai golongan tanpa mengenal kasta semua ada di komunitas ini, membaur dalam kebersamaan. Komunitas ini sendiri sangat aktif mengikuti kegiatan yang ada di Pekanbaru khususnya, salah satunya fun bike yang diadakan Riau Pos tanggal 5 Februari 2012 silam.


Yandra Harakay atau yang biasa dipanggil Andra ini oleh teman-temannya juga mengatakan dengan bersepeda rutin maka berat badan kita akan turun 10 kilogramnya dalam sebulan. Ia juga berbagi cerita tentang filosofi nama komunitas Piknik. “Nama pikinik diambil dari singkatan Fixed Unik, selain itu namanya juga mudah diingat,” tuturnya sambil tertawa.


Untuk jenis sepedanya sendiri, anggota Piknik lebih memilih sepeda fixie daripada jenis sepeda lainnya.
“Fixie itu unik, simple, tidak ribet, tepat untuk jalan raya dan juga gaya. Yang terpenting jika kita menaiki fixie adrenalin kita akan terpacu menjadi lebih tinggi,” ucap Reza E. Kanpay salah satu anggota Piknik yang bekerja sebagai freelance.


Untuk keamanan sendiri, komunitas yang juga sering melakukan morning ride ini juga sangat teliti. Paling tidak dimasing-masing sepeda anggota harus memiliki rem depan dan juga toe clip. Sementara sang pengendara wajib menggunakan helm.


Untuk menyalurkan hobby bersepeda, biasanya anggota Piknik melakukan gowes ke beberapa tempat, seperti camp Caltex salah satunya. Dipilihnya camp Caltex selain udaranya cukup bersih disana juga ada tersedia jalur sepeda.


“Di camp Caltex ada jalur sepeda di kota tidak ada, makanya kami gowes kesana,” tambah Andra.
Untuk kedepannya komunitas sepeda Piknik ini juga berpesan semoga saja kedepannya pemerintah kota Pekanbaru menyediakan fasilitas bersepeda. Hal ini karena bersepeda merupakan olahraga dan kita juga melakukan hal yang positif.


“Paling tidak kami tidak lagi berebut jalur dengan kendaraan lain, karena sudah banyak teman-teman kita yang hampir tersenggol oleh kendaraan bermotor,”tambah Reza E. Kanpay. (Teguh-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province