Rabu, 18 April 2012

GSJ News: SMKN 1 Pangkalankerinci Berikan Contoh Lingkungan Bersih

SMKN 1 Pangkalankerinci Berikan Contoh Lingkungan Bersih

MENJAGA kebersihan lingkungan merupakan cara terbaik mencegah berbagai penyakit. Apalagi musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah. Bila sekolah bersih,  maka pengunjung akan segan membuang  sampah di pekarangan sekolah.

Ini disampaikan Plh Kepala SMKN 1 Pangkalankerinci, Muhammad Syafii MSi kepada Riau Pos, Kamis (12/4) lalu. Setiap siswa SMKN 1 Pangkalankerinci diminta menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, setiap kelas digilir untuk piket membersihkan ruangan maupun pekarangan sekolah.

‘’Bila sekolah bersih maka orang lain tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah. Sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih. Nyamuk penyebab demam berdarah juga tidak bisa berkembang dengan baik,’’ ungkapnya.

  Syafii menyebutkan, setiap siswa harus dapat  membuang sampah yang ada di ke tempat pembuangannya. Kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh.

Menurut dia, lingkungan yang serasi dan lestari  mengandung berbagai komponen ekosistem secara seimbang. Setiap komponen di dalam ekosistem berinteraksi dan membutuhkan. Oleh karena itu, setiap manusia harus menyayangi alam dengan cara memelihara dan melestarikannya.

Keseimbangan inilah yang harus tetap dijaga agar keanekaragaman sumber daya alam tetap lestari dan terjamin. ‘’Pemanfaatan sumber daya alamsebaiknya diusahakan secara arif dan bijaksana sesuai keseimbangan alam,’’ pungkasnya. (new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province