Rabu, 18 April 2012

Info CB: Arwana Asia, Merah Keberuntungan

Arwana Asia, Merah Keberuntungan

Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu menyimpan banyak sekali keanekaragaman flora dan fauna. Salah satu di antaranya adalah Sceleropages formosus yang lebih dikenal dengan Arwana Asia. Selain itu, ikan ini juga sering disebut sebagai Siluk Merah. Ikan ini termasuk ikan air tawar yang memang hidup di kawasan Asia Tenggara.
Nah, umumnya ikan ini memiliki warna keperak-perakan. Arwana asia ini juga sering dihubung-hubungkan dengan naga, sehingga disebut “Ikan Naga”. Untuk varietasnya sendiri terdiri dari empat warna dengan lokasi yang berbeda. Hijau bisa ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand dan Malaysia. Lalu emas dengan ekor merah dapat ditemui di Indonesia. Sedangkan emas saja, bisa ditemukan di Malaysia. Terakhir warna merah bisa ditemukan di Indonesia.
Arwana Asia ini juga termasuk dalam daftar spesies langka yang terancam punah. Jumlahnya semakin menurun karena diperdagangkan sebagai ikan akuarium dan juga dianggap membawa keberuntungan. (afra-gsj/new)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province