Rabu, 19 September 2012

BIOVERSITAS : Jenis Kelaminnya Ditentukan Suhu


     Buaya muara (crocodylus Porosus) adalah salah satu spesies buaya yang paling banyak ditemui di wilayah SUmatera, termasuk di Riau. Populasinya tersebar di hampir sebagian besar sungai di daerah ini. Karenanya tak heran bila kemudian, banyak warga yng sering melihat kemunculannya.
     Namun, tahukah anda seperti apa siklus hidup buaya muara? Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, Khusus buaya muara, mereka biasanya hidup di air payaw.
    Untuk masalah reproduksinya, embrio buaya tak memiliki kromosom seksual, yakni kromosom yang menentukan jenis kelamin anak yang akan ditetaskan. Jadi tak sebagaimana manusia, jenis kelamin buaya tak ditentukan secara genetik. Jenis kelamin ditentukan oleh suhu pengeraman atau suhu sarang tempat telur ditetaskan.
    Pada buaya muara, suhu sekitar 31,6°C  akan menghasilkan hewan jantan, sedikit lebih rendah atau lebih tinggi dari angka itu akan menghasilkan buaya betina. Masa pengeraman telur adalah sekitar 80 hari, tergantung pada suhu rata-rata di sarang yang mereka tempati. (int/wik/bud)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province