Kamis, 06 September 2012

Manfaatkan Biji Nangka Bahan Baku Susu

SUSU: Azizah, Alumnus SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan menunjukkan susu biji nangka yang diolah oleh para siswa SMKN 1 Pangkalan Kerinci.(Ft.Teguh_GSJ)

SETELAH makan nangka pasti semua orang akan membuang bijinya. Namun tidak dengan para siswa di SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Mereka mengumpulkan biji nangka itu kemudian mengolahnya sebagai bahan baku susu.
“Sayang kalau harus dibuang, kan biji-biji nangka itu masih bisa dimanfaatkan,” ujar Budi Iswanto, alumni SMKN 1 Pangkalan Kerinci, saat ditemui di pameran teknologi beberapa waktu lalu.
Menurut Budi membuat susu biji nangka sangat mudah, biji nangka dipilih yang tidak busuk. Kemudian di cuci bersih, di rebus lalu dikupas kulitnya. Setelah itu biji-biji nangka itu diblender di campur dengan gula dan susu.
Susu biji nangka tersebut merupakan hasil karya para siswa jurusan kimia. Kandungan zat-zat didalamnya telah diperiksa di laboratorium dan ternyata aman untuk dikonsumsi.
“Rasa susu biji nangka ini juga khas, enak kok, kalau pernah mencicipi biji nangka yang direbus, rasanya seperti itulah, tapi karena sudah dicampur dengan susu dan gula rasanya lebih enak lagi,” promo Budi.
Pemanfaaatan biji nangka untuk dibuat susu ini sudah lama dilakukan oleh para siswa di SMKN 1 Pangkalan Kerinci. “Sudah lama, beberapa tahun yang lalu lah, sejak saya masih menjadi siswa disana juga sudah sering membuat susu biji nangka, “Ungkap Budi yang saat ini sudah menjadi mahasiswa di Universiatas Riau.
Sayangnya saat ini susu biji nangka itu masih diproduksi secara terbatas di sekolah saja. untuk dipasarkan secara umumpun saat ini belum memungkinkan karena selain produksinya masih skala kecil, konsumennya juga belum banyak.
“Saat ini baru nata de coco yang sudah kami pasarkan secara luas, dan peminatnya cukup banyak. Semoga kedepannya susu biji kedelai ini juga akan menyusul,” ungkapnya. (asrul-gsj/dac)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province