Senin, 17 September 2012

Olah Kulit Buah Jadi Pupuk Cair Organik

 PUPUK merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan dalam kegiatan tanam-menanam. Pupuk juga berfungsi sebagai penyubur tanah yang tandus atau sedikit kandungan unsur hara. Pupuk dapat berupa bahan organik ataupun non-organik (buatan).
Pupuk juga memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang seperti pasir, bubuk, atau bahkan cair. Sayangnya beberapa jenis pupuk menyebabkan tanah yang ditanami ketika panen tidak dapat ditanam kembali dikarenakan pupuk tersebut memiliki kandungan kimia hasil olahan limbah yang membuat tanah dan dapat diolah kembali. Biasanya pupuk ini merupakan pupuk non-organik atau buatan.
Siswi SMA Negeri 1 Pekanbaru, Dela Oktadiani yang biasa dipanggil Dela berinisiatif mengolah kulit buah dan limbah sayur menjadi sebuah pupuk cair. Menurutnya, pupuk organik saat cenderung dihindari dikarenakan baunya yang menyengat karena merupakan hasil pembusukan kotoran. Selain itu, pupuk ini juga praktis dan dapat diolah sendiri dirumah.
“Pembuatan pupuk ini menggunakan prinsip fermentasi an-aerob dengan bantuan EM4” Ungkap Dela saat diwawancarai akan hasil temuannya itu.
Cara membuatnya cukup mudah, yakni mengumpulkan sisa-sisa limbah kulit buah/sayuran yang kemudian difermentasikan disebuah lubang dan dicampurkan oleh EM4 dan bahan lain dan diolah sehingga menghasilkan cairan yang menjadi pupuk cair organik.
Karyanya ini telah diikut sertakan dalam ajang kompetisi karya ilmiah tingkat Provinsi. Namun sayang, karyanya belum berhasil menjadi pemenang. “Walaupun belum berhasil, saya senang sudah bisa menemukan hal yang bermanfaat bagi diri saya sendiri dan oranglain,” ucapnya sambil tersenyum.
Manfaat pupuk ini tentunya dapat memperbaiki pemenuhan unsur hara tanaman dan dapat mengurangi sampah rumah tangga terutama sampah buah dan limbah sayuran. Selain itu, bentuknya praktis dan aroma pupuk yang tidak menyengat merupakan keunggulan karya ini.(melati-gsj/dac)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province