Senin, 08 Oktober 2012

Barang Bekas Modis dan Ramah Lingkungan

PERNAHKAH anda berpikir setelah di buang sebuah botol plastik bekas bisa didaur ulang menjadi apa? Da Ai Technology Company, sebuah perusahaan ramah lingkungan dari Taiwan mencoba melakukan inovasi dengan mengubah 15 botol air mineral bekas menjadi sebuah baju kaos nan modis.
Saat ini, kebutuhan hidup dan kerusakan lingkungan menjadi hal yang berbanding lurus. Setiap benda yang kita pakai, identik dengan kerusakan lingkungan karena bahan bakunya yang mencemari lingkungan atau nasib  benda-benda tersebut yang  kelak akan menjadi sampah. Kondisi ini membuat seorang Bhiksuni (Biarawati Buddhist) bernama Master Cheng Yen menggalang pengusaha-pengusaha di Taiwan untuk menciptakan inovasi baru agar dapat menciptakan produk-produk dari sampah yang kita hasilkan sehari-hari.
Dari sampah-sampah botol plastik yang dikumpulkan oleh relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi di Taiwan. Sejak tahun 2008, Da Ai Tech telah memproduksi aneka produk berbahan baku botol plastik bekas menjadi selimut, baju kaos, scraft , jaket, tas, topi, sarung tangan, mangkuk, gelas dan perlengkapan makanan lainnya.
Khusus untuk selimut selalu di distribusikan secara gratis ke daerah-daerah bencana atau negara-negara 4 musim secara gratis. Selain mendaur ulang bahan-bahan sampah menjadi produk baru, Da Ai tech juga mempunyai keunggulan dalam hal ramah lingkungan karena setiap produknya cepat kering bila di cuci, tidak perlu di setrika, dan cepat menahan keringat sehingga pemakaian Listrik dan air dapat di hemat saat mencuci produk-produk tersebut.
Dengan prosedur dan teknologi yang ramah lingkungan, warna yang tercipta tidak lagi menambahkan warna tambahan, melainkan menyesuaikan dengan warna bahan baku produk.
Saat ini di Indonesia, produk-produk Da Ai Tech dapat ditemukan di semua kantor Yayasan Buddha Tzu Chi di Indonesia. Khusus di Pekanbaru produk-produk ramah lingkungan ini dapat di beli di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Pekanbaru.(kevin-gsj/dac)




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province