Senin, 22 Oktober 2012

Bayi Orang Utan Lahir di Kasang Kulim

Kebun binatang Kasang Kulim bertambah penghuninya. Lisa seekor  induk orang utan yang telah berusia 12 tahun, Ahad (7/10) pagi, melahirkan seekor anak berjenis kelamin betina di kawasan kebun binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Riau.
Seperti dilansir dari situs berita  pekanbaruexpress.com, tidak ada yang tahu pasti bagaimana proses melahirkan yang dialami indul orang utan bernama Lisa, pasalnya kabar gembira itu pertama sekali diketahui Agustina, pemilik sekaligus pengelola kebun binatang Kasang Kulim. Ketika hendak ingin memberikan pakan, sebagaimana sehari-harinya sebelum kebun binatang itu mulai dikunjungi para pengunjung.
‘’Sekitar jam tujuh pagi, waktu itu saya mau kasi makan. Dari kejauhan saya lihat kok jumlah orang hutannya bertambah menjadi dua ekor, setelah saya dekati ternyata yang satu ekor itu bainya yang tergeletak di lantai.’’ ucap Agustina, Rabu (10/10).
Lisa, merupakan koleksi perdana orang utan di kebun binatang Kasang Kulim yang sudah dipelihara sejak 1998 silam. Lisa yang merupakan orang utan Sumatera berada dalam satu kandang terpisah dengan jeruji besi dengan pasangan setianya, Juned (18). Juned merupakan orang utan Kalimantan yang bertubuh besar dan suara khas menggema.
“Memang, beberapa waktu lalu, kami pernah membuka jeruji pembatas. Gak menyangka terjadi pembuahan. Ini kebahagiaan bagi Kasang Kulim,” tegas Agustina.
Orang utan betina yang dilahirkan Lisa kemarin, merupakan anak keduanya dengan Juned. Anak pertama sudah dikirim ke Bukit Lawang, Bahorok saat banjir bandang melanda kawasan hutan konservasi beberapa tahun lalu.
Dengan lahirnya anak Lisa, maka saat ini koleksi orang utan di Kasang Kulim bertambah menjadi lima ekor. Rinciannya, tiga betina dan dua jantan. Selain Juned, Lisa dan putri bungsu yang baru dilahirkannya, dua ekor orang utan lain diberi nama Tina dan Boy. Boy merupakan hadiah dan titipan dari Kasrem 031 Wirabima Pekanbaru yang pindah tugas baru-baru ini.(int/eed/bud)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province