Rabu, 31 Oktober 2012

Si Pengembara Kecil

PEKANBARU (RP)- Pernah mendengar nama kirik-kirik? mungkin kita yang tinggal di wilayah Indonesia relatif jarang menemukannya. Namun bgitu, bukan berarti pula, jenis burung bertubuh kecil ini tidak ada di negeri kita.
Sebagai satu bagian dari ekosistem hidup dunia burung, kirik-kirik (Merops philippinus) laut dianggap sebagai bagian penting yang tak terpisahkan dari komunitas burung. Walau tubuhnya kecil, kirik-kirik ini merupakan burung tangguh yang bisa terbang dalam rentangjarak yang cukup jauh. Mereka bisa berada dari satu negara ke negara lain sebagai bagian dari proses migrasi yang mereka lalui untuk bisa mendapatkan makanan dan udara yang memadai.
Burung yang sering hidup di pinggir laut atau singgah di pinggir pantai ini mempunyai warna badan yang unik, kuning kehijauan, ekor berwarna biru, dan paruh panjang terbang dalam kawanan kecil berjumlah 5-10 individu. Mereka memakan serangga seperti kupu-kupu, capung, lebah, tonggeret, belalang, jangkrik.
Burung yang dalam bahasa Inggris disebut dengan  Blue-tailed Bee-eater ini terpantau dalam penelusuran yang dilakukan Raptor Indonesia di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis,Provinsi Riau saat proses migrasi dalam jumlah cukup besar, yakni mencapai 200-an ekor.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province