Rabu, 21 November 2012

Sungai Bukan Tempat Sampah



SUNGAI merupakan sumber kehidupan bagi setiap makluk hidup khususnya manusia. Sampai sekarang pun masih ada beberapa daerah yang memfungsikan sungai seperti demikian. Artinya sungai itu penting bukan?
Namun, belakangan ini kerap di temui sungai-sungai di kota yang kotor dan tercemar limbah ataupun sampah-sampah yang membuat air tercemar. Salah satunya adalah Sungai Sail yang berada di tengah-tengah Kota Pekanbaru ini.
Menurut Jhon Refli, salah satu warga setempat mengatakan, kalau mereka juga tidak mengetahui siapa-siapa saja oknum yang membuang sampah disana. Yang mereka tahu ada orang yang membawa kantong sampah di pagi hari dan langsung membuangnya di tempat tersebut.
Sampah-sampah yang dibuang beragam jenis mulai dari yang organik maupun yang non organik, seperti plastik-palastik, sisa makanan, botol, kaleng, dan lain sebagainya.
"Sudah empat kali tempat itu di bersihkan, bahkan pernah juga dibersihkan menggunakan eskapator. Tapi masih juga ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di sana," kata John Refli.
Menanggapi hal itu, sudah banyak relawan-relawan yang berupaya membersihkan tempat tersebut seperti River Devender, Mapala, Sispala, dan komunitas lainnya yang ada di Pekanbaru, tetapi masih ada juga lagi sampah-sampah baru yang bermunculan.
"Mulai dari satu kantong, lama kelamaan jadi banyak lagi karna yang lainnya pada ikut" katanya lagi.(boim-gsj/dac)
   


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province