Sabtu, 15 Desember 2012

MSDC Transplantasi Karang Tahap II


    TRANSPLANTASI karang merupakan salah satu upaya rehabilitasi terumbu karang yang semakin terdegradasi melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru.
    Transplantasi karang dapat dilakukan untuk berbagai tujuan. Mislanya, untuk pemulihan kembali terumbu karang yang telah rusak, untuk perluasan terumbu karang, untuk tujuan pariwisata, untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan status terumbu karang, untuk tujuan perikanan, untuk tujuan penelitian.
    Untuk tahun ini MSDC (Marine Science Diving Club) akan mengadakan kegiatan  transplantasi karang tahap II seperti tahun sebelumnya. Kegiatan transplantasi karang ini dilakukan seiring dengan agenda MSDC yang menjurus kepada kegiatan Konservasi.
    Kegiatan transplantasi karang ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2012-02 Januari 2013. Segala persiapan telah dilakukan untuk mengadakan kegiatan transplantasi karang, yaitu dengan membentuk kepanitiaannya dan mempersiapkan perlengkapan transplantasi seperti meja dan substrat untuk tempat menempelkan karang nantinya.
    Kekurangan-kekurangan yang dialami pada kegiatan tahun lalu akan coba diminimalisir dan coba dibenahi dalam kegiatan kali ini. Dalam kegiatan ini hampir semua anggota MSDC turut berpartisipasi dan akan ikut ke lapangan nantinya. Jika tahun sebelumnya MSDC menurunkan 4 meja transplantasi, untuk tahun ini akan menurunkan 5 meja.
    MSDC sangat bersemangat melakukan kegiatan ini karena hasil dari transplantasi tahun lalu cukup memuaskan. Pertumbuhannya cukup baik dan jumlah karang yang hidup juga lumayan banyak.
    Disamping kegiatan transplantasi, MSDC juga akan mengadakan kegiatan LPT (Latihan Perairan Terbuka). Kegiatan ini akan diikuti anggota MSDC yang baru bergabung. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan perairan terbuka (Laut) kepada anggota baru sebelum nantinya melakukan penyelaman.
    Anggota yang akan mengikuti LPT ini berjumlah 12 orang dan diharapkan dapat mengikutinya dengan baik. Selain itu MSDC juga akan coba melakukan latihan Reef Check Terumbu karang dan ikan karang. Kegiatan ini dilakukan agar nantinya lebih mempermudah dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan terumbu karang dan iIkan karang. (asrul-gsj/dac)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Green Student Journalists | Bloggerized by Lasantha - Tebarkan virus cinta lingkungan | student_lovers_enviroment, Riau Province